Sukses

Strategi Angsa Berenang di Danau dalam Pantauan Para Calon Wali Kota Surabaya

Banyak prediksi yang salah terkait dengan strategi dan gerakan politik "angsa berenang di danau".

Liputan6.com, Surabaya - Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai munculnya para bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari partai baru seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang akan meramaikan Pilkada Surabaya 2020 jangan dianggap remeh.

"Calon-calon dari partai baru yang lolos di DPRD Surabaya patut mulai diwaspadai dengan cermat. Jangan sampai salah hitung dan prediksi seperti Pemilu Legislatif yang lalu," kata Surokim kepada Antara di Surabaya, Senin (24/6/2019).

Menurut dia, banyak prediksi yang salah terkait dengan strategi dan gerakan politik "angsa berenang di danau" sepertinya tidak gaduh tapi bekerja keras di bawah. Apalagi, ditambah dengan narasi perubahan yang bisa menarik perhatian pemilih yang akhirnya NasDem dan PSI bisa mengagetkan di Surabaya.

"Strategi politik angsa berenang di danau ini ampuh memberi kejutan, jadi kalau ada kandidat dari partai-partai baru itu dan mereka bisa mengusung narasi perubahan yang pas tidak mustahil mereka bisa cepat masuk garis edar survei-survei kandidat potensial Pilkada Surabaya dan menjadi penantang potensial bagi calon-calon yang sudah ada selama ini," katanya.

Apalagi, lanjut dia, ceruk pemilih milenial masih terbuka lebar dan angka swing voters atau pemilih mengambang terhadap calon yang ada masih dinamis dan bergerak naik turun.

Ia menilai pemilih kelas menengah di Surabaya lumayan kuat dan signifikan khususnya untuk memberi dorongan adanya perubahan. Biasanya, lanjut dia, jika ada calon baru potensial yang bisa membawa perubahan progresif respons mereka positif.

"Saya pikir itu juga variabel yang layak dihitung dalam Pilkada Surabaya selain pemilih loyal berbasis ideologis partai dan demografis sosiologis," kata peneliti Surabaya Survey Senter (SSC) ini.

Diketahui ada dua kader PSI yang mulai muncul untuk meramaikan Pilkada Surabaya 2020 yakni Dhimas Anugrah dan Andy Budiman. Keduanya merupakan kader dan pengurus PSI sekaligus Caleg DPR RI Daerah Pemilihan Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.