Sukses

6 Oleh-Oleh Wajib Khas Surabaya yang Patut Dicoba

Surabaya juga terkenal dengan kuliner khasnya, termasuk oleh-oleh.

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya menjadi kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta.  Populasi penduduk sekitar tiga juta orang, Surabaya menjadi Kota Metropolitan dengan sejumlah keanekaragaman.

Hal itu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur. Tak hanya itu, Surabaya juga terkenal dengan kuliner khasnya, termasuk oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi saudara, teman-teman dan kerabat lainnya.

Berikut hasil penelusuran Liputan6.com yang dikutip dari berbagai sumber tentang enam oleh-oleh wajib khas Surabaya yang patut dicoba, seperti ditulis Senin (8/7/2019):

1. Bandeng Asap

Surabaya memiliki produk kuliner berbahan ikan yang unik berupa bandeng asap. Berbeda dengan proses mengolah bandeng biasa; bandeng asap diolah dengan proses yang rumit sehingga memiliki rasa yang khas. Bandeng asap khas Surabaya biasanya dinikmati dengan ditemani sambal petis.

2. Kue Lapis Surabaya

Kue dengan tekstur lembut yang mirip roti spons ini memiliki rasa tertentu berdasarkan selai yang digunakan sebagai perekatnya. Tekstur lembut tersebut berasal dari penggunaan telur dalam jumlah banyak sebagai bahan roti ini.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa kue ini masuk dalam jajaran oleh-oleh berkelas premium dari kota Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rujak Cingur

3. Rujak Cingur

Makanan tradisional yang kaya akan campuran berbagai bahan, karena di dalamnya terdapat beberapa sayuran dan buah-buahan seperti mentimun, cingur, kangkung dan nanas. Ditambah dengan adanya tahu, tempe dan lontong yang makin menambah nilai gizi dari olahan tersebut.

4. Sambal Udang Bu Rudy

Masakan pedas menjadi sesuatu yang telah identik dengan makanan Jawa Timur; khususnya Surabaya. Sambal Bu Rudy memiliki rasa pedas yang khas dengan paduan rasa udang.

Selain sambal rasa udang; Bu Rudy juga memiliki produk sambal dengan varian rasa lain seperti sambal bajak dan sambal bawang. Kesamaannya tentu saja rasa sambal yang dijamin pedas.

3 dari 3 halaman

Kopi Bandrek

5. Kopi Bandrek

Kopi bandrek Surabaya memiliki rasa yang khas karena menggunakan beberapa rempah-rempah sebagai bumbu dari campuran kopi dan jahe.

Selain kopi bandrek dengan rasa tradisional; terdapat kopi bandrek khas Surabaya yang memiliki rasa kekinian seperti rasa kopi krim yang dibuat oleh Kopi Bandrek Sreg. Minuman instan tanpa pengawet ini memiliki daya tahan enam bulan dalam penyimpanan.

6. Keripik Buah Kane-Kane

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat keripik ini adalah dari buah-buahan segar. Keripik Kane-Kane memiliki varian rasa seperti Keripik Apel, Keripik Mangga, Keripik Nanas, Keripik Salak Pondoh, Keripik Pepaya, dan Keripik Nangka.

Selain itu juga ada rasa baru baru yaitu rasa mix. Di dalam kemasan mix itu terdapat bermacam-macam keripik seperti apel, salak, dan nangka.

Sekarang sudah tahu mau beli oleh-oleh apa ketika ke Surabaya? Selamat membeli.

 

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.