Sukses

Ini 6 Universitas Top di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Hal itu tentu tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan di masa lalu. Terlepas dari sebutan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang berupaya untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan bagi para pelajar di kotanya dengan melakukan berbagai program dan pengembangan.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan performa dan prestasi bagi belajar di kota tersebut. Surabaya pun mempunyai perguruan tinggi yang terbaik berdasarkan peringkat se-Indonesia yang dirangkum oleh uniRank. Hal ini dilihat berdasarkan lisensi, akreditasi universitas, kemudian program yang ditawarkan mulai dari sarjana, magister hingga doktor. Selain itu universitas juga dinilai berdasarkan kursus yang diberikan.

Dikutip dari www.4icu.org, Liputan6.com merangkum enam universitas top di Surabaya, Jawa Timur, seperti ditulis, Selasa (9/7/2019):

1.Universitas Airlangga

Didirikan pada 1954, merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang terletak di daerah perkotaan kota besar Surabaya (kisaran populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur. Terakreditasi secara resmi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Universitas Airlangga (UNAIR) adalah universitas yang sangat besar dengan kisaran pendaftaran: 30.000-34.999 siswa.

Universitas ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana, magister, gelar doktor di beberapa bidang studi.

Lembaga pendidikan tinggi ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk dan catatan dan nilai akademik masa lalu siswa. Siswa internasional dipersilakan untuk mendaftar.

2.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Didirikan pada  1960, ITS merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri nirlaba yang berlokasi di kota besar Surabaya (kisaran populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur.

Secara resmi terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berskala  besar dengan kisaran pendaftaran: 15.000-19.999 mahasiswa.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana, gelar magister di beberapa bidang studi. Lembaga pendidikan tinggi ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk. Siswa internasional dipersilakan untuk mendaftar.

2 dari 4 halaman

Universitas Negeri Surabaya

3.Universitas Negeri Surabaya

Didirikan pada 1964, merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri nirlaba yang berlokasi di kota besar Surabaya (rentang populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur.

Secara resmi terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Universitas Negeri Surabaya adalah besar (kisaran pendaftaran: 20.000-24.999 siswa). Universitas ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi di beberapa bidang studi.

4.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Didirikan pada 2013, merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri nirlaba yang terletak di kawasan perkotaan kota besar Surabaya (rentang populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur.

Secara resmi terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya adalah universitas besar (kisaran pendaftaran: 15.000-19.999 siswa) dan secara resmi berafiliasi dengan agama Islam.

Universitas ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana, magister, gelar doktor di beberapa bidang studi. Institusi pendidikan ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk. Pelamar internasional memenuhi syarat untuk mendaftar.

3 dari 4 halaman

Universitas Narotama

5.Universitas Narotama

Didirikan pada 1981, merupakan institusi pendidikan tinggi swasta nirlaba yang berlokasi di daerah pinggiran kota besar Surabaya (rentang populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur.

Secara resmi terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Universitas Narotama (UNNAR) adalah kecil (kisaran pendaftaran: 3.000-3.999 siswa). Universitas ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana, gelar magister di beberapa bidang studi.

Lembaga pendidikan ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan catatan dan nilai akademik masa lalu siswa. Kisaran tingkat penerimaan adalah 80-90 persen. Siswa internasional dipersilakan untuk mendaftar.

6.Universitas Kristen Petra

Didirikan pada 1961, institusi pendidikan tinggi swasta nirlaba yang terletak di kawasan perkotaan kota besar Surabaya (rentang populasi 1.000.000-5.000.000 jiwa), Jawa Timur.

Secara resmi terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Universitas Kristen Petra adalah universitas berskala sedang (kisaran penerimaan : 3.000-3.999 siswa).

Universitas ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana, gelar magister di beberapa bidang studi. Lembaga pendidikan ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan ujian masuk dan catatan nilai akademik masa lalu siswa. Pelamar internasional memenuhi syarat untuk mendaftar.

Sudah tahu mau masuk ke universitas mana di Surabaya ?

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Makadamia, Kacang Termahal Ditanam Gubernur Khofifah
Artikel Selanjutnya
BPOM Intensif Awasi Pemasaran Kosmetik lewat Media Sosial