Sukses

Toyota C-HR Hybrid Dikenalkan di Surabaya, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Surabaya - Toyota C-HR Hybrid sudah diperkenalkan untuk pasar Jawa Timur (Jatim), khususnya Surabaya. Peluncuran Produk sport utitily vehicle (SUV) tersebut berselang dua bulan setelah diperkenalkan di Jakarta pada April 2019 lalu.

"Launchingnya sudah dua bulan lalu, pada April di Jakarta. Kenapa telat dua bulan, karena melihat situasi kondisi politik negara. Menurut kami, waktu yang baik untuk peluncuran di Surabaya adalah selama Ramadhan atau lebaran danusai pilpres," tutur Operation Manager Auto 2000, Hendra Purnawan, di Surabaya, Jumat 28 Juni 2019.

Hendra mengatakan, konsumen Toyota C-HR Hybrid merupakan orang yang bukan membeli mobil untuk pertamakalinya, melainkan bisa jadi merupakan mobil ketiga atau keempat. Ini karena desainnya yang futuristik dengan teknologi yang cukup maju di kelasnya.

"Market (segmen pasar) mobil ini sangat terbatas. Kami juga berharap kehadiran mobil ini (C-HR) bisa menambah volume penjualan dan juga meningkatkan image Toyota," katanya.

Hendra menjelaskan, Toyota C-HR Hybrid menggunakan mesin ZR-FXE dengan power 100 ps yang dikombinasi motor listrik dengan power 36 ps. Toyota Hybrid adalah kendaraan yang menggunakan teknologi Toyota Hybrid dengan dua motor penggerak yakni internal combustion engine (ICE), dan motor listrik.

"Kehadiran kendaraan ini memberikan pilihan baru kepada penggemar SUV berbasis crossover yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan," ucapnya.

Sebagai kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan, konsumsi bahan bakar C-HR Hybrid diklaim lebih efisien 62 perse dibandingkan varian konvensional. Sehingga emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60 persen.

"Toyota juga telah melakukan sejumlah peningkatan agar C-HR Hybrid tampil lebih bergaya, yakni ubahan pada desain pelek, lampu utama dan lampu kombi belakang," ujarnya.

koordinator Kepala Cabang Auto 2000 Jatim, Iksir Immanuel Thouby menambahkan, harga mobil ini di Jawa Timur, dibanderol Rp531 juta hingga Rp534 juta. "Kompetisi mobil hybrid di Indonesia tidak begitu ketat. Saat ini hanya ada dua pemain, yakni Toyota dan Honda," kata Iksir.

Toyota C-HR Hybrid ditawarkan dalam enam pilihan warna, yakni metal stream, white pearl, black attitude, blue metallic black roof, red mica black roof dan radiant green black roof. Pilihan warna-warna ini juga sekaligus menyegarkan opsi yang disediakan untuk tipe konvensional.

"Karena kami membidik segmen yang terbatas, maka target penjualan kami juga tidak begitu banyak. Sekitar dua hingga tiga unit per bulan," ujar Iksir.

 

2 dari 3 halaman

Harga C-HR Hybrid

Sebelumnya, Toyota resmi memperkenalkan C-HR hybrid di Indonesia pada 23 April lalu. Sebagai mobil ramah lingkungan, kendaraan yang masih diimpor secara utuh dari Thailand ini dibanderol mulai Rp 523,35 juta untuk single tone, dan juga Rp 524,85 juta untuk dual tone.

Tampil dalam ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Penjualan Toyota C-HR Hybrid ternyata mampu melampaui varian bensin.

"Kalau kita lihat data C-HR sebelumnya yang sudah kita launching, kita menunjukan konstan penjualan di angka 40 tiap bulan. Dengan hadirnya hybrid itu kita mendapat tambahan sekitar 60 unit, jadi total kombinasi sekitar 80 sampai 100 pada April," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di arena Telkomsel IIMS 2019.

Meski demikian pria yang akrab disapa Soerjo tersebut tak bisa bisa memastikan apakah varian hybrid akan lebih diminati dibandingkan mesin.

"Kita sebagai APM menunjukkan bahwa secara produk kita bisa menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Itupun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Sebetulnya apapun regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, APM pasti akan support," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyelundup 11,5 Kg Sabu Meninggal Tertabrak Truk
Artikel Selanjutnya
Alasan Biayai Sekolah Anak, Suami Jual Istri untuk Threesome