Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Pendaftaran hingga 12 Juli, ITS Buka Jalur Program Kemitraan dan Mandiri

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur membuka tiga seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2018/2019.

Tiga seleksi itu antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri yaitu program kemitraan dan mandiri (PKM).

Mengutip laman ITS, Selasa (9/7/2019), daya tampung mahasiswa baru program sarjana ITS untuk setiap program studi yang diterima melalui SNMPTN sebesar 30 persen dari total daya tampung setiap program studi, melalui SBMPTN sebesar 40 persen dari total daya tampung setiap program studi dan melalui seleksi mandiri sebesar 30 persen dari total daya tampung setiap program studi.

Kali ini Liputan6.com merangkum bagaimana seleksi mandiri yaitu program kemitraan dan mandiri (PKM) ITS.

Dua jalur penerimaan calon mahasiswa melalui PKM tersebut melalui program kemitraan dan mandiri, antara lain:

1.Program kemitraan untuk siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (perusahaan/pemprov/pemkab/pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dnegan ITS ditunjukkan dengan ada MoU dan MoA.

2.Program mandiri untuk siswa SMA/MA/SMK-sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Mekanisme seleksi masuk jalur PKM:

1.Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program PKM-ITS dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2017, 2018 dan 2019.

Seleksi PKM ITS tidak memerlukan ujian tulis, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian UTBK Tahun 2019 Kelompok Ujian Saintek atau Soshum, nilai rapor dan prestasi lainnya. Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP), diharuskan mengunggah portofolio.

2.Dengan demikian setiap calon peserta seleksi PKM ITS wajib memiliki nilai UTBK Tahun 2019 dengan mengikuti kelompok ujian Saintek atau Soshum.

Pada tahun ajaran 2019, dari sembilan fakultas, daya tampung untuk jalur PKM ini sebanyak 1.261. Adapun sembilan fakultas antara lain fakultas sains, fakultas teknologi industri (FTI), fakultas teknik sipil, lingkungan dan kebumian (FTSLK), fakultas teknologi kelautan (FTK), fakultas teknologi informasi dan komunikasi (FTIK), fakultas matematika, komputasi, dan sains data (FMKSD), fakultas teknologi elektro (FTE), fakultas arsitektur, desain dan perencanaan (FADP), fakultas bisnis dan manajemen teknologi (FBMT).

2 dari 5 halaman

Persyaratan dan Ketentuan

Persyaratan dan ketentuan

1. Pendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK-sejenis lulusan 2017, 2018, atau 2019 yang telah memiliki nilai UTBK Tahun 2019kelompok ujian Saintek atau Soshum.

2. Bagi pendaftar yang salah satu pilihan prodinya adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual atau Desain Interior DIHARUSKAN mengunggah portofolio.

3. Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui program kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerjasama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.

b. Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut DIWAJIBKAN mengirimkan rekap calon peserta PKM yang direkomendasikan (format rekap rekomendasi dapat diunduh pada contoh file rekomendasi) kepada Wakil Rektor I – ITS (email : wr1@its.ac.id) dengan tembusan Kasubdit. Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaan Kuliah Bersama ITS (email : kasubdit.pmpkb@its.ac.id).

c. Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam "Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS" tidak diangap sebagai peserta Program Kemitraan.

Pendaftaran PKM tahun 2019 dimulai tanggal: 18 Juni - 12 Juli 2019, dilakukan secara online melalui web ITS : http://smits.its.ac.id. Kasubdit Penerimaan Mahasiswa ITS, Unggul menuturkan, kalau pendaftar jalur PKM sudah mencapai 4.336 pendaftar.

"Sudah ada pendaftar PKM 4.336," ujar Unggul saat dihubungi Liputan6.com.

 

3 dari 5 halaman

Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran Program Kemitraan dan Mandiri (PKM):

1.     Calon peserta melakukan pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran melalui web ITS: http://smits.its.ac.id dengan cara menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN. 

Kode Akses Pendaftaran (KAP)sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, dan Kode Pembayaran sepanjang 18 digit.

 PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja setelah dilakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

2.     Dengan menggunakan Kode Pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 mulai tanggal 18 Juni - 11 Juli 2019 (paling lambat pukul 24.00 WIB) melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Jatim, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah. (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPATditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup pada 12 Juli 2019 pukul 18.00 WIB.

o    Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri dapat dilihat disini

o    Panduan Cara Pembayaran Melalui BNI dapat dilihat disini

3.     Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Program Kemitraan dan Mandiri. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:

a.     Slip pembayaran.

b.     File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.

4.     Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan PIN dan KAP yang tercantum dalam slip pembayaran.

5.     Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Selain nilai UTBK, data yang perlu diunggah antara lain:

0.     Nilai rapor semester 1 s/d 6

1.     Deskripsi Diri (1 halaman A4 berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, ketrampilan, atau keunggulan yg dimiliki oleh calon mahasiswa).

2.     Bukti Prestasi (bila ada)

Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.

6.     Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.

7.     Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).

8.     Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.

9.     Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Program Kemitraan Mandiri (PKM) tahun 2019. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian (untuk yang mengambil prodi Desain Produk) dan untuk daftar ulang bila diterima nantinya

4 dari 5 halaman

Jadwal Penting

Jadwal penting:

Kegiatan:

Pendaftaran PKM pada 18 Juni-12 Juli 2019

Pengumuman kelulusan PKM pada 18 Juli 2019

Pendaftaran ulang peserta yang lulus PKM pada 23-25 Juli 2019

Hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru ITS melalui PKM akan diumumkan pada 18 Juli 2019 di kampus ITS, Sukolilo, Surabaya dan melalui website seleksi masuk ITS di http://smits.its.ac.id

Pendaftaran ulang

Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi diwajibkan mendaftar ulang pada 23-25 Juli 2019 di Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura