Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Rek Ayo Rek Jalan-Jalan, Ini 5 Trotoar Favorit Arek Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Trotoar selama ini sering digunakan tidak sebagaimana mestinya. Trototar sejatinya difungsikan untuk memudahkan para pejalan kaki, saat ini digunakan untuk hal-hal lain seperti tempat berjualan, berlalu lalangnya sepeda motor dengan alasan untuk menghindari kemacetan, dan lain sebagainya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus menggalakkan pembangunan untuk pedestrian dengan membuat suatu inovasi terhadap trotoar yang ada di kotanya. Dengan tujuan untuk  mempercantik tampilan dari trotoar-trotoar tersebut dan supaya bisa difungsikan kembali untuk pejalan kaki.

Dikutip dari laman instagram @surabayaforwalk, Liputan6.com merangkum lima trotoar favorit warga Surabaya. Rangkuman tersebut juga dikutip dari berbagai sumber seperti ditulis Rabu (10/7/2019):

1.Trotoar A. Yani

Berlokasi di Jalan Frontage Ahmad Yani, Surabaya. Trotoar ini merupakan trotoar yang nyaman, sehingga bisa membuat pejalan kaki merasa nyaman ketika berjalan melewatinya. Di trotoar tersebut dipasang semacam tiang yang pendek dengan diberikan celah-celah untuk pejalan kaki lewat dan juga disediakan bangku panjang.

2 dari 4 halaman

Trotoar Tunjungan

2.Trotoar Makam Pahlawan

Terletak di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya. Trotoar ini lebar, bersih dan rindang karena ada banyak pepohonan yang membuat udara menjadi sejuk dan segar. Sehingga pejalan kaki bisa hidup lebih sehat. Disediakan juga fasilitas umum seperti bangku-bangku panjang untuk pejalan kaki.

3.Trotoar Tunjungan

Berada di Jalan Tunjungan, Surabaya. Trotoar ini selalu menjadi spot foto favorit bagi warga Surabaya. Ini karena kebanyakan masyarakat yang melewati trotoar tersebut bertujuan ingin mengabadikan momen di sana dengan bangunan bersejarah sebagai latar belakang fotonya. Disediakan juga fasilitas penunjang seperti bangku-bangku, lampu-lampu dan tempat sampah yang lengkap.

 

3 dari 4 halaman

Trotoar Balai Kota

4.Trotoar Balai Kota

Terletak di Jalan Walikota Mustajab, Surabaya. Trotoarnya cukup lebar, bersih, cantik dan sejuk karena banyaknya pepohonan dan di lengkapi dengan sarana penunjang yang modern seperti mesin parkir meter, sekaligus menjadi rumah dinas walikota Surabaya.

5.Trotoar Empire Palace

Lokasinya di Jalan Blauran, Surabaya. Di sepanjang trotoar tersebut di penuhi pepohonan yang berbunga warna pink dan kuning. Bunga itu merupakan bunga khas Brazil yang bernama tabebuya chrysotrica, bunga tersebut semacam bunga sakuranya Jepang. Sehingga trotoar ini menjadi spot foto yang cantik dan instagramable bagi pejalan kaki.

Penasaran dengan tampilan trotoar- trotoar tersebut? Jangan lupa sambangi jika sedang berkunjung ke Surabaya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura