Sukses

Cek Pendaftaran Ulang SBMPTN 2019 Universitas Airlangga

Universitas Airlangga, Surabaya menerima sebanyak 2.332 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negara (SBMPTN) 2019.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair), Surabaya menerima sebanyak 2.332 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negara (SBMPTN) 2019.

Humas ITS, Suko Widodo menuturkan, ada sejumlah fakultas favorit yang jadi pilihan antara lain fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, dan sistem informasi. "Lainnya ilmu komunikasi, hubungan internasional dan hukum," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Mengutip laman Universitas Airlangga, Selasa (9/7/2019), dengan pengumuman calon mahasiswa baru program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima selanjutnya disebut Calon Maba SBMPTN Unair, setiap calon mahasiswa baru wajib ikuti proses pendaftaran ulang, antara lain:

Pra Pendaftaran Ulang:

1.     Calon Maba SBMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi serta Verifikasi Administrasi (secara online) serta melakukan upload file scan dalam bentuk file PDF :

a. Ijazah/surat keterangan lulus 

b. SKHUN / SKHUN Sementara 

c. Akte Kelahiran Calon mahasiswa baru

d. Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan :

e. Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)

f. Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali

g. Jumlah kepemilikan kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali

h. KSK (Kartu Susunan Keluarga) orang tua/ wali Calon mahasiswa baru

i. Foto copy SPPT PBB rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir

j. Foto copy pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali

k. Foto copy STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/wali

l. Fotocopy keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjany

m. Fotocopy Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta

n. Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya melalui website http://regmaba.unair.ac.id, mulai 9 - 11 Juli 2019

2.     Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa

3.     Calon Maba SBMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKT (invoice) pada  11 Juli 2019  melalui website http://regmaba.unair.ac.id

4.     Calon mahasiswa mencetak Formulir Data Registrasi, Formulir Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga dan Formulir Surat Pernyataan Bebas NAPZA.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembayaran dan Tes

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Calon Mahasiswa Baru  wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), sesuai dengan hasil verifikasi keuangan pada 11 – 12 Juli 2019. Pembayaran dapat dilakukan di teller semua kantor cabang Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI,  BTN,Mandiri Syariah dan Bank JATIM seluruh Indonesia , dengan  menyebutkan  Nomor Peserta SNMPTN 2019.

Pembayaran tidak dapat dilakukan melalui transfer dan bank pembayaran awal menjadi dasar pembuatan KTM yang sekaligus menjadi ATM pada saat pembukaan rekening di bank cabang UNAIR. Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia

 TES KETUNAAN DAN KESEHATAN SERTA TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

1.Calon Maba UNAIR wajib melakukan tes ketunaan dan tes kesehatan sesuai dengan kriteria persyaratan umum dan khusus program studi (link persyaratan di bawah ini) dengan biaya sendiri di Rumah Sakit Universitas Airlangga atau di fasilitas layanan kesehatan pemerintah lainnya sejak  10 hingga 17 Juli 2019. Link website persyaratan ketunaan SBMPTN :Persyaratan Ketunaan SBMPTN 2019.

2.Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR pada  16 – 20 Juli 2019.

3.Jadwal tes kemampuan bahasa Inggris akan diberikan setelah melakukan pembayaran UKT dan bisa dilihat pada website http://regmaba.unair.ac.id

3 dari 3 halaman

Pendaftaran Ulang

PENDAFTARAN ULANG

1. Calon Maba SBMPTN UNAIR harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.

2. Calon Maba SBMPTN UNAIR harus berpakaian rapi (berkemeja dan bersepatu) serta menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.

3. Calon Maba SBMPTN UNAIR wajib melaksanakan verifikasi berkas/pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal pada:

-Tanggal : 18 - 19 Juli 2019

-Pukul : 08.00 – 16.00 WIB (Istirahat, Jam 12.00-13.00 WIB)

 -Tempat : Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya

4.  Disediakan LOKET A, B, C, D, E, dan F yang harus diikuti oleh Calon Mahasiswa secara berurutan, sebagai berikut :

1.  Loket (A)

a. Menunjukan Tanda Peserta SBMPTN 2019

b. Menunjukkan Ijazah SMU/ SMK/Surat Keterangan Lulus dari Sekolah

c. Menunjukkan SKHUN/SKHUN Sementara dari Sekolah

d. Menunjukkan Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir

e. Menyerahkan kembali formulir Registrasi yang telah diisi dengan benar dan dilengkapi pas foto terbaru dengan latar belakang merah ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar untuk ditempel pada :

-Formulir Pendaftaran

-Formulir Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga

-Formulir Surat Pernyataan Bebas NAPZA

6. Menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga yang ditandantangani di atas materai  Rp. 6.000.

7. Menyerahkan Surat Pernyataan Bebas NAPZA yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000.

8. Menunjukkan bukti asli pembayaran biaya pendidikan.

9. Menyerahkan hasil tes kesehatan dan tes ketunaan dari Rumah Sakit Universitas Airlangga atau fasilitas layanan kesehatan pemerintah lainnya.

2. Loket (B) Verifikasi  Sidik Jari

3. Loket (C) Pembagian Jaket Almamater, Mutz dan Topi

4. Loket (D)  Pengambilan Pas Foto untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

5. Loket  (E) Penyerahan Bukti Daftar Ulang/KTM Sementara

6. Loket (F) Melakukan Pembukaan Rekening Bank, Untuk Pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi juga sebagai ATM maka Mahasiswa baru diwajibkan untuk membuka rekening di salah satu Bank tersebut di atas pada Cabang Universitas Airlangga sesuai dengan Bank pada saat Pembayaran Biaya Pendidikan Pertama (Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020).

7. Loket (G) Menyerahkan foto copy kartu BPJS Bagi calon Maba yang sudah memiliki kartu BPJS, dan melakukan pendaftaran BPJS bagi calon maba yang belum mempunyai kartu BPJS.

Pengambilan KTM (KARTU TANDA MAHASISWA)

Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing- masing pada Cabang Universitas Airlangga sesuai dengan Bank pada saat  Pembukaan Rekening mulai 1 September 2019.

Informasi lengkap tentang  proses pendaftaran ulang mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di website Unair, http://www.unair.ac.id, dan website Direktorat Pendidikan Unair, http://pendidikan.unair.ac.id,  atau  No. Telp. (031) 5914042 - 43, 5912546, 5912564 Pesawat. 221, 211, 115 dan 116 pada hari kerja mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.