Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Universitas Negeri Surabaya Terima 910 Mahasiswa Penerima Bidikmisi 2019

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima 2.787 peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019. Jumlah itu sekitar 45 persen dari daya tampung keseluruhan sebesar 5.860.

Dari total pendaftar lulus SBMPTN 2019 Unesa yang lulus seleksi Bidikmisi atau beasiswa sebanyak 910 orang. Humas Universitas Negeri Surabaya, Vinda mengatakan, kalau kuota peserta dari seleksi bidikmisi sekitar 1.000 orang. Ia pun mengimbau bagi peserta yang lulus untuk mengikuti perkembangan informasi dari Dirjen Belmawa Kemristeksikti. Adapun salah satu link yang bisa dipantau dari http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/petunjuk/pedoman.

Sedangkan bagi yang lulus SBMPTN 2019 Unesa, Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Bambang Yulianto menuturkan untuk segera ikuti perkembangan informasi registrasi di www.sipenmaru.unesa.ac.id. Selain itu juga memperhatikan secara detil persyaratan dan langkah yang ada di pengumuman tersebut.

"Setelah mengecek nama dan dinyatakan diterima, bagusnya segera dilengkapi sesegara mungkin persyaratan-persyaratan daftar ulang," tutur dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (10/7/2019).

Bambang menuturkan, untuk yang belum beruntung pada seleksi SBMPTN 2019 ini, Unesa masih menyediakan kesempatan lagi pada ujian SPBM mandiri yang akan menerima 30 persen dari total daya tampung yang ada.

"Pendaftaran jalur mandiri sudah dibuka sejak 11 Juni hingga 19 Juli 2019 mendatang," kata dia.

Selain membuka pendaftaran untuk Sarjana SI, Unesa juga membuka pendaftaran 10 program studi sarjana terapan yang setara Diploma empat (D4). Prodi itu tata boga, tata busana, desain grafis, pendidikan kepelatihan olahraga, teknik mesin, teknik sipil, teknis listrik, manajemen informatika, transportasi dan administrasi negara.

Sementara itu, bagi yang berprestasi dalam olahraga, keagamaan dan prestasi bidang lainnya, Universitas Negeri Surabaya juga membuka pendaftaran hingga 19 Juli 2019. Untuk difabilitas pun diberikan apresiasi dengan menyediakan jalur khusus yang pendaftarannya sama dengan jalur prestasi.

"Semoga pendaftar yang hari ini lulus maupun yang belum beruntung, tetap semangat belajar dan menempuh pendidikan yang terbaik," ujar dia.

Adapun 10 besar prodi dengan peminat tertinggi SBMPTN Unesa 2019 antara lain psikologi sebanya 997, manajemen 990, PGSD sebanyak 932, sistem informasi sebanyak 892, ilmu hukum sebanyak 846, pendidikan sains sebanya 788, ilmu komunikasi sebanyak 773, gizi sebanyak 746, pendidikan tata boga sebanyak 716, dan pendidikan administrasi perkantoran sebanyak 713. Adapun total pendaftar SBMPTN Unesa mencapai 29.566.

2 dari 4 halaman

Penerima Bidikmisi di Unair

Sementara itu, Universitas Airlangga (Unair) menerima 2.332 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2019. Jika dipersentase, jalur SBMPTN mendapatkan jatah 40 persen dari total mahasiswa baru yang diterima Unair.

Pada penerimaan itu, Rektor Universitas Airlangga Nasih menuturkan, Unair juga menerima sebanyak 379 mahasiswa baru penerima beasiswa bidikmisi.

"Dari jumlah itu, seluruhnya belum positif diterima sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Hasil itu menunggu dari verifikasi yang dilakukan Unair," kata dia.

"Jika terbukti yang bersangkutan itu ternyata adalah berasal dari keluarga yang mampu, bidikmisi akan dialihkan kepada yang lebih membutuhkan. Bukan status penerimaan SBMPTN-nya yang dicabut tapi bidikmisinya," ia menambahkan.

Dari jumlah penerima beasiswa bidikmisi dari jalur SBMPTN tersebut, Nasih mengatakan, Unair memiliki sekitar 800 mahasiswa yang tercatat sebagai penerima bidikmisi. Hal ini mengingat pada jalur SNMPTN, Unair menerima sebanyak 379 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi.

3 dari 4 halaman

Unair Bakal Umumkan Hasil Seleksi Jalur Mandiri

Sebelumnya, Universitas Airlangga (Unair) akan mengumumkan hasil seleksi sarjana jalur mandiri 2019 pada Rabu malam, 10 Juli 2019.

"Untuk yang jalur Mandiri baru kami umumkan nanti malam. Ini memang bertahap (pengumumannya-red). Bisa dilihat di www.unair.ac.id,” ujar Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Suko Widodo saat dihubungi Liputan6.com, Rabu, 10 Juli 2019.

Jalur Mandiri merupakan salah satu bagian dari jalur masuk Universitas Airlangga yang dibuka pada 2019. Untuk jalur mandiri dilaksanakan tes pada 30 Juni 2019. Untuk jalur mandiri, daya tampungnya sebesar 27 persen atau kurang lebih 1.600.

Ada sekitar 8.629 peserta yang mengikuti tes jalur mandiri Universitas Airlangga tersebut. Peserta ujiannya tersebut antara lain sains dan teknologi (saintek) mencapai 5.216 peserta, sosio humaniora (soshum) sebanyak 3.296, dan campuran sebanyak 117 peserta.

Selain jalur mandiri, Universitas Airlangga buka jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura