Sukses

Bus KPK Keliling Surabaya Selama 3 Hari, Ada Apa?

Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama tiga hari akan berkeliling di Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama tiga hari akan berkeliling di Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan kali ini bukan karena ada Operasi Tangkap Tangan (OTT), melainkan melakukan kegiatan roadshow bus Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi. 

Pada 2019, bus akan menyambangi 38 kabupaten kota dan salah satunya adalah di Surabaya.  KPK akan sosialisasi melalui beragam program kegiatan pencegahan korupsi langsung ke masyarakat sejak 12-14 Juli 2019.

Pelaksanaan kegiatan roadshow bus KPK di Surabaya ini, berkolaborasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Selain itu, juga melibatkan unsur kepolisian dan instansi pemerintah lainnya.

Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak komponen masyarakat, terutama di kota-kota yang dilewati bus KPK, agar berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pendidikan anti korupsi.

"Ada sekitar 20 acara, misalkan pendidikan anti korupsi untuk anak SD, SMP dan SMA, kemudian kita juga membangun kurikulum anti korupsi di perguruan tinggi, kita juga dengan koalisi masyarakat sipil berbicara tentang anti korupsi," kata Giri saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Kamis (11/07/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendekat kepada Masyarakat

Selama dua hari, yakni 12 – 13 Juli 2019, kegiatan akan difokuskan di kawasan Balai Pemuda Surabaya. Adapun kegiatan di hari pertama diawali dengan Pameran Pelayanan Publik dan UMKM yang dibuka sejak pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya, kegiatan Sosilialisasi Pengaduan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk Masyarakat Umum, serta Sosialisasi dan Simulasi Aplikasi JAGA untuk Masyarakat Umum.

Kemudian, ada juga kegiatan Mendongeng Antikorupsi, Playday Boardgames Antikorupsi, Nonton Bareng Film untuk pelajar SMP. Selain itu, juga ada kegiatan Pembekalan Caleg Terpilih dan Pimpinan Partai Politik Kota Surabaya di ruang DPRD Kota Surabaya, serta Kuliah Umum Antikorupsi di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya.

Sementara itu pada hari ketiga, Minggu, 14 Juli 2019, kegiatan akan tempatkan di kawasan Taman Bungkul Surabaya. Sejak pukul 06.00 WIB, KPK akan melakukan Sosialisasi Antikorupsi kepada para pengunjung acara Car Free Day (CFD).

Giri menjelaskan esensi dari kegiatan ini adalah, pertama bus itu mencari penumpang anti korupsi, kedua mendekatkan KPK kepada masyarakat supaya lebih dekat lagi, dan yang ketiga menyadarkan masyarakat. Ia menegaskan, KPK hadir di Surabaya bukan untuk OTT menangkap atau melakukan penindakan di Jawa Timur.

"Kita hadir membawa suasana yang cerah, menyembuhkan luka-luka itu tadi, dan mengajak masyarakat Jatim untuk melupakan masa lalu yang kemarin,” ujar dia.

Di samping itu, kegiatan ini juga dirancang untuk membangun semangat dan budaya antikorupsi di masyarakat, sekaligus mensosialisasikan program-program antikorupsi KPK secara luas. Beragam pilihan kegiatan ditawarkan untuk mempererat keterlibatan masyarakat secara aktif, sehingga merasakan kehadiran KPK secara langsung di tengah-tengah masyarakat.

Selama ini pihaknya menilai bahwa wilayah Jatim mempunyai modal yang besar dan menjadi provinsi yang sangat fundamental dalam indikator pembangunan nasional. "Jadi penting untuk memperbaiki sistem di Jatim, Kota Surabaya bisa dijadikan contoh," pungkasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.