Sukses

Aplikasi Transportasi Online Asal Surabaya Ini Bakal Kurangi Macet

Di Surabaya, Jawa Timur ada aplikasi transportasi online yang menguntungkan pengemudi dan penumpang.

Surabaya - Di Surabaya, Jawa Timur ada aplikasi transportasi online yang menguntungkan pengemudi dan penumpang. Ini karena pengemudi diberi kebebasan untuk memasang tarif berdasarkan jarak tempuh dan kondisi kendaraan yang dimiliki. Di sisi penumpang diberikan pilihan hingga lima variasi harga dan jenis kendaraan yang berbeda.

Aplikasi transportasi online itu bernama Bistar. Aplikasi ini memiliki tagline "Semua Bisa Saling Mengantar" ini memberi peluang kepada siapapun untuk saling memberikan tumpangan yaitu ketika driver dapat menentukan tarifnya sendiri.

"Aturan mainnya di BISTAR, yang mengantarkan ini berhak memberikan harga sendiri karena BISTAR bukan perusahaan taksi, bukan perusahaan angkutan online. Kami hanya mempertemukan saja,"  ujar Founder Aplikasi Bistar, Miftahul Amin, seperti dikutip dari suarasurabaya.net, ditulis Jumat (12/7/2019).

Supaya penumpang dan pengemudi dapat mengetahui tarif normal dalam suatu perjalanan,  pihak BISTAR akan menerapkan tarif standar sehingga penumpang dapat memilih tawaran dari pengemudi, apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal atau terlalu rendah. Sedangkan dari sisi pengemudi, tarif standar yang tidak dijadikan patokan ini juga dapat diuntungkan.

Hal ini karena mereka dapat menawarkan harga lebih tinggi atau lebih rendah, menyesuaikan kondisi serta jenis kendaraan yang dimiliki. Penumpang pun juga diberi kebebasan untuk menilai, tawaran mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, pengguna jasa dapat berperan sebagai penumpang atau driverdengan hanya memasang mode yang diinginkan, mode driver atau penumpang.

"Nanti penumpang diberi pilihan maksimal 5 driver. Tinggal pilih salah satu. Kenapa harganya berbeda, ya karena mobilnya berbeda-beda. Ada yang tahun keluarannya lebih muda bisa memberikan harga sendiri. Yang pasti BISTAR memiliki harga standar yang hampir sama dengan ojek lain," ujar Miftahul Amin.

Dia menuturkan, aplikasi ini sangat potensial di masa depan karena mobilitas masyarakat cukup tinggi dan dengan sistem berbagi tumpangan ini. Pengguna aplikasi juga sekaligus dapat berperan untuk ikut mengurangi kemacetan di kota-kota besar seperti Surabaya ini, karena mereka dapat memberi tumpangan pengguna lain dengan rute searah.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Peluang Investasi

Aplikasi transportasi online baru asal Surabaya, Jawa Timur, Bistar akan mengadakan investor gathering untuk membuka peluang kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di bidang transportasi online.

Dengan kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui peluang bisnis sekaligus mendengarkan visi misi serta menanamkan di aplikasi Bistar.

"Mari kita bersama-sama mendengarkan visi misi Bistar agar masyarakat ikut menikmati bisnis di aplikasi ini. Saya yakin, aplikasi ini akan berguna untuk kurangi kemacetan di Indonesia khususnya di Surabaya," tutur Mifthaful.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.