Sukses

4 Tempat Makan Rawon Pilihan di Surabaya

Rawon adalah makanan khas Surabaya yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan gurih.

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner Surabaya, Jawa Timur tenar dengan rasanya yang khas dan gurih. Beragam jenis masakan tersedia dengan variasi rasa yang patut dicoba jika sedang di kota tersebut. Makanan khas Surabaya yang disukai warga Surabaya salah satunya adalah rawon.

Rawon dikenal sebagai makanan daging sapi dengan kuah berwarna hitam khas Indonesia. Kuah gelap tersebut umumnya terbuat dari beberapa rempah di antaranya kluwek, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai, serai, dan lada.

Rawon biasa disajikan dengan tauge muda dan dimakan bersama dengan nasi putih, sambal, dan telur asin. Mengutip dari buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, Liputan6 menyajikan beberapa pilihan yang dapat jadi pertimbangan untuk tempat makan rawon di Surabaya:

1.Depot Anda Fit

Letaknya di Jalan Walikota Mustajab No.74, Surabaya dan buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Rawon di Depot Anda Fit ini terkenal sangat enak, juga memiliki aroma kaldu sapi yang sangat kuat, kuahnya terasa lebih pekat. Sambal yang disajikan sebagai pelengkap cocok berpadu dengan rasa rawonnya. Porsi rawonnya juga cukup besar dengan harga cukup terjangkau.

2. Depot Rawon Malang “MM”

Berada di Ruko Taman Kayun No.46-E, Jalan Embong Kemiri, Surabaya dan buka pukul 07.00-20.30 WIB. Depot MM ini berawal dari kota Malang yang di kelola oleh Ikwan dan Megawati, singkat cerita mereka pindah dan menetap di Surabaya pada 1998.

Megawati sendirilah yang menciptakan menu masakannya dengan cita rasa khas Malang yang ternyata Depot MM itu singkatan dari "Masakan Malang". Rawon-nya memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma lebih kuat, kuahnya bening dan daging tidak berlemak. Rawon ini cocok di santap dengan sambal pedas sebagai pelengkap.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pak Eko

3. Pak Eko

Berlokasi di Jalan Pucang Adi No.58, Surabaya dan buka 24 jam. Rawon di tempat ini memiliki rasa yang cukup enak, gurih dengan kuah yang ringan, namun dagingnya terasa kurang empuk. Harganya juga tidak terlalu mahal alias pas di kantong.

 4. Warung Sedap Malam Kalkulator

Lokasinya di Taman Bungkul, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00-03.00. Nama Rawon Kalkulator terinspirasi dari kemampuan para petugas kasir yang dapat menghitung harga makanan pembeli dengan sangat cepat di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Di setiap meja pengunjung disediakan makanan pendampingnya seperti perkedel, tempe goreng, telur asin, dan paru goreng gurih yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah pilihan beberapa tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya. Anda harus mendatangi untuk membuktikannya sendiri.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.