Sukses

6 Potret Kesederhanaan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bikin Kagum

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal sosok pengubah wajah kota Surabaya, Tri Rismaharini? Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma ini adalah wali kota perempuan pertama di kota pahlawan ini. Walikota yang lahir 20 November 1961 ini telah menjabat sebagai wali kota Surabaya selama 9 tahun. Risma mulai menjabat sejak 28 September 2010 hingga sekarang.

Sosok Tri Rismaharini kerap menjadi sorotan karena usaha kerasnya untuk mengubah wajah kota Surabaya. Tri Rismaharini juga berhasil masuk dalam nominasi wanita paling inspiratif versi Forbes di tahun 2013. Bahkan wanita 57 tahun ini berhasil memperoleh penghargaan sebagai wali kota terbaik pada tahun 2014 oleh Coty Mayor Foundation.

Di bawah kepemimpinan Risma, Surabaya meraih penghargaan internasional Lee Kuan Yew World City Prize 2018. Surabaya memenangkan predikat Special Mention mengalahkan kota-kota besar lain di dunia, termasuk New York. Penghargaan itu diperoleh karena Surabaya dianggap sebagai salah satu kota besar di dunia yang mampu mempertahankan dan mengelola kampung dengan baik. Penghargaan tersebut diterima Risma di Singapura pada Sabtu (17/3/2018).

Ternyata sudah banyak pengorbanan yang dilakukan oleh Risma sebagai seorang wali kota. Baik materi, waktu maupun tenaga, semua dipertaruhkan demi kemajuan Surabaya. Di samping kesuksesannya membangun kota Surabaya, Risma juga dikenal sebagi sosok yang sederhana dan bersahaja. Berikut 6 potret kesederhanaan walikota Surabaya Tri Rismaharini yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/7/2019).

2 dari 7 halaman

1. Dibanding mobil mewah Risma lebih memilih menggunakan mobil model mini bus. Hal ini lantaran ia selalu membawa barang pendukung untuk aksinya jika sewaktu-waktu melihat kota Surabaya tidak indah.

3 dari 7 halaman

2. Risma juga tak segan menjelaskan secara langsung kepada jajaran taman yang tak mengerti. Seperti saat berkunjung ke pintu air Jagir dimana kedepan akan dibangun taman dan tempat bermain anak-anak.

4 dari 7 halaman

3. Wali kota Surabaya ini juga tak malu menyempatkan waktu menyiram taman bareng petugas kebersihan di Balai Kota Surabaya.

5 dari 7 halaman

4. Selain terkenal sebagai sosok yang tegas dan revolusioner, Tri Rismaharini juga saat dekat dengan anak-anak.

6 dari 7 halaman

5. Tak hanya sekadar melihat, Risma terjun langsung kerja bakti di Jalan Tugu Pahlawan. Risma juga ditemani Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan DKRTH.

7 dari 7 halaman

6. April lalu kota Surabaya menjadi tuan rumah Leg I Final Piala Presiden 2019. Bu Risma tak segan-segan ikut membersihkan stadion GBT saat kunjungannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Surabaya Kota Pertama Pelaksana Program Guru Pembangun Peradaban
Artikel Selanjutnya
Risma Beri Tali Asih kepada Keluarga Bayi Hidrosefalus di Surabaya