Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Atlet Bulu Tangkis Ini Kelahiran Surabaya, Siapa Sajakah?

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga bulu tangkis tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Olahraga ini sama populernya dengan cabang olahraga sepak bola yang memiliki banyak penggemar. Kota Surabaya, Jawa Timur pun melahirkan atlet-atlet yang mumpuni di bidang olahraga bulu tangkis tersebut.

Sebut saja nama Susi Susanti, kiprahnya di dunia bulu tangkis tidak diragukan lagi akibat sederet prestasi yang ditorehkannya. Oleh karena itu, Liputan6 menyajikan empat mantan atlet bulu tangkis kelahiran Surabaya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Alan Budi Kusuma

Mantan atlet bulutangkis kelahiran Surabaya pada 29 Maret 1968 ini menjadi legenda pemain bulu tangkis Indonesia. Ia juga merupakan suami dari atlet bulu tangkis Susi Susanti. Pasangan ini menikah pada 9 Februari 1997.

Alan pernah menjuarai sejumlah pertandingan di antaranya juara Dutch Open (1989), Thailand Open (1989 dan 1991), China Open (1991), medali emas Olimpiade Barcelona (1992), German Open (1992), Invitasi Piala Dunia (1993), Indonesia Open (1993), dan Malaysia Open (1995). Setelah olimpiade Atlanta pada 1996, Alan memutuskan untuk pensiun. Sejak pertengahan tahun 2002, Alan bersama istrinya Susi mendirikan usaha memproduksi raket dengan merk sendiri yaitu Astec (Alan-Susi Technology).

2. Rudy Hartono

Pria bernama lengkap Rudy Hartono Kurniawan ini lahir di Surabaya pada 18 Agustus 1949.  Rudy termasuk mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang namanya pernah tercatat dalam Guiness Book of World Records pada 1982. Sebab dirinya menjuarai All England sebanyak delapan kali dan memenangkan Thomas Cup sebanyak empat kali.

Beliau juga pernah dinobatkan sebagai salah satu Asian Heroes kategori Athletes & Explorers versi Majalah Time. Faktor usia dan kesehatan menjadi faktor dirinya pensiun. Setelah pensiun dari dunia bulu tangkis, kini dirinya sibuk menjalankan bisnis peternakan sapi perah dan bisnis alat olahraga dengan menjadi agen merek Mikasa, Yonex, dan Ascot.

 

2 dari 3 halaman

Minarti Timur

3.Minarti Timur

Mantan atlet bulu tangkis yang kerap disapa Meme ini merupakan spesialis ganda campuran. Ia berhasil menjuarai beberapa kejuaraan internasional dengan pasangan yang berbeda. Meme pernah mendapat gelar juara saat berpasangan dengan Tri Kusharjanto, Bambang Supriyanto, dan Sandiarto.

Perempuan kelahiran Surabaya, 24 Maret 1968 ini juga diperhitungkan ketika menjuarai World Cup, World Badminton Grand Prix, Sea Games, Indonesia Open, Thailand Open pada 1995 bersama pasangan ganda campuran Trikus Harjanto. Setelah ia menjuarai Indonesia Open 2002 bersama Bambang Supriyanto, Meme memutuskan mundur dari pelatnas Cipayung. 

4. Sony Dwi Kuncoro

Pemain bulu tangkis kelahiran Surabaya, 7 Juli 1984 ini pernah meraih berbagai kejuaraan tingkat dunia. Ia didampingi oleh istrinya sekaligus managernya yang bernama Gading Safitri.

Pada olimpiade Athena 2004, ia berhasil meraih medali perunggu di tunggal putra dengan mengalahkan pemain asal Thailand Boonsak Ponsana. Kemudian, Sony juga pernah menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia pada 2005 mengalahkan pemain asal Malaysia, mendapatkan medali perak Kejuaraan dunia pada 2007, Piala Thomas pada tahun 2002, menyabet lima medali Sea Games, serta lima gelar juara superseries.

Para atlet tersebut berhasil karena kegigihannya dalam berlatih. Mereka tidak semerta-merta selalu menang dalam pertandingan yang diikutinya, tetapi mereka terus berusaha demi meningkatkan kemampuannya sehingga berhasil.

(Wiwin, Mahasisi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura