Sukses

Kedai Kopi Pilihan di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan minuman yang disukai oleh semua orang, terutama bagi pecinta kopi. Indonesia termasuk dalam negara penghasil kopi terbaik yang menyediakan berbagai varian kopi, seperti kopi gayo, robusta, kintamani, dan arabika. Kopi-kopi tersebut mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis kopi lain.

Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak kedai kopi yang unik dan beragam. Divariasikan dengan pemilihan nama yang unik, dan dekorasi yang mendukung kedainya. Berikut ini Liputan6 menelusuri dari berbagai sumber:

1.Titik Koma Coffe

Berada di Jalan Juwono No.25, dan buka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB dan Minggu pukul 11.00-21.00 WIB. Suasananya nyaman, bersih, dengan interiornya yang mendukung. Didesain dengan warna putih, cokelat muda, dan abu-abu di setiap sudutnya, ada hiasan pot-pot tanaman yang menggantung. Disediakan fasilitas berbagai buku dan majalah.

2. Redback Specialty Coffe

Alamatnya di Jalan Raya Darmo Permai Selatan No.3, Surabaya dan buka setiap hari pukul 06.00-22.00 WIB. Menawarkan berbagai macam hidangan dan minuman, kopi menjadi menu utamanya. Di fasilitasi free wifi, tempat parkir, ruangan indoor dan outdoor.

3. Kopi Koko Nakal

Berada di Pasar Atum Mall, lantai 2, Surabaya dan buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB. Menawarkan minuman kopi dengan diberikan nama-nama yang unik, seperti kopi susu mantan (mantap tenan) , kopi susu tanpa mantan , kopi mantan kelam (kopi hitam), susu janda (taro), dan es coklat selingkuh (menu sekali-kali selain kopi).

4. Monopole Coffe Lab

Lokasinya di Jalan Raya Darmo Permai I No.38, Surabaya dan buka setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB. Ruangannya didesain rapi, ditambah dengan paduan lighting dan interiornya. Menyediakan berbagai varian kopi dan menu makanan berat lainnya. Di sini pengunjung dapat melihat baristanya beraksi meracik kopi pesanannya. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas free wifi.

Adakah kedai kopi di atas yang sudah pernah Anda sambangi?

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 dari 4 halaman

Tempat Makan Rawon di Surabaya

Kuliner Surabaya, Jawa Timur tenar dengan rasanya yang khas dan gurih. Beragam jenis masakan tersedia dengan variasi rasa yang patut dicoba jika sedang di kota tersebut. Makanan khas Surabaya yang disukai warga Surabaya salah satunya adalah rawon.

Rawon dikenal sebagai makanan daging sapi dengan kuah berwarna hitam khas Indonesia. Kuah gelap tersebut umumnya terbuat dari beberapa rempah di antaranya kluwek, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai, serai, dan lada.

Rawon biasa disajikan dengan tauge muda dan dimakan bersama dengan nasi putih, sambal, dan telur asin. Mengutip dari buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, Liputan6 menyajikan beberapa pilihan yang dapat jadi pertimbangan untuk tempat makan rawon di Surabaya:

1.Depot Anda Fit

Letaknya di Jalan Walikota Mustajab No.74, Surabaya dan buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Rawon di Depot Anda Fit ini terkenal sangat enak, juga memiliki aroma kaldu sapi yang sangat kuat, kuahnya terasa lebih pekat. Sambal yang disajikan sebagai pelengkap cocok berpadu dengan rasa rawonnya. Porsi rawonnya juga cukup besar dengan harga cukup terjangkau.

2. Depot Rawon Malang “MM”

Berada di Ruko Taman Kayun No.46-E, Jalan Embong Kemiri, Surabaya dan buka pukul 07.00-20.30 WIB. Depot MM ini berawal dari kota Malang yang di kelola oleh Ikwan dan Megawati, singkat cerita mereka pindah dan menetap di Surabaya pada 1998.

Megawati sendirilah yang menciptakan menu masakannya dengan cita rasa khas Malang yang ternyata Depot MM itu singkatan dari "Masakan Malang". Rawon-nya memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma lebih kuat, kuahnya bening dan daging tidak berlemak. Rawon ini cocok di santap dengan sambal pedas sebagai pelengkap.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Pak Eko

Berlokasi di Jalan Pucang Adi No.58, Surabaya dan buka 24 jam. Rawon di tempat ini memiliki rasa yang cukup enak, gurih dengan kuah yang ringan, namun dagingnya terasa kurang empuk. Harganya juga tidak terlalu mahal alias pas di kantong.

4. Warung Sedap Malam Kalkulator

Lokasinya di Taman Bungkul, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00-03.00. Nama Rawon Kalkulator terinspirasi dari kemampuan para petugas kasir yang dapat menghitung harga makanan pembeli dengan sangat cepat di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Di setiap meja pengunjung disediakan makanan pendampingnya seperti perkedel, tempe goreng, telur asin, dan paru goreng gurih yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah pilihan beberapa tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya. Anda harus mendatangi untuk membuktikannya sendiri.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kidung Ini Ajak Arek Suroboyo Jaga Kerukunan
Artikel Selanjutnya
Mencicipi Usaha Serbuk Minuman Tradisional Beromzet Belasan Juta Rupiah