Sukses

Festival Yosakoi Meriahkan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Warga Surabaya, Jawa Timur memadati Festival Yosakoi dan Gebyar Tari Remo di Jalan Tunjungan, Surabaya, mulai Sabtu (20/7/2019). Tari-tarian ini menjadi pembuka acara Mlaku-mlaku Nang Tunjungan yang sudah biasa digelar oleh Pemkot Surabaya.

Semakin malam, warga Surabaya dan warga luar kota semakin memadati jalan bersejarah itu. Para warga menikmati berbagai makanan tradisional khas Surabaya hasil karya UMKM Kota Surabaya. Tidak hanya itu, warga juga dihibur dengan berbagai iringan musik yang dibawakan oleh beberapa grup band lokal Surabaya. Gamelan

Saat membuka Festival Yosakoi dan Gebyar Tari Remo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu hubungan kerja sama sister city Kota Surabaya dengan Kota Kochi, Jepang.

Banyak kerja sama yang sudah dilakukan, terutama Festival Yosakoi yang rutin digelar setiap tahun di Surabaya.  Tarian adat dari dua kota ini punya kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan alat saat menari.

Kalau Tari Remo dibunyikan melalui kaki ada klintingannya, kalau  Tari Yosakoi dengan alat namanya Naruko. Mari kita saksikan bersama-sama dengan gebyar Tari Remo. Bapak-ibu kalau ingin menari bersama-sama silahkan,”  Risma.

Risma menambahkan,  kali ini ada yang berbeda dari rangkaian acara tahun lalu. Sebab, biasa digelar di Balai Kota Surabaya dan kini dipindahkan jadi satu di acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Sebab, menurut dia, pertunjukkan ini agar dapat dijangkau dan disaksikan masyarakat lebih banyak lagi. "Jadi satu biar lebih ramai dan semua masyarakat boleh ikutan menari bersama-sama,” lanjutnya.

Risma menuturkan, melalui festival Yosakoi dan Gebyar Tari Remo ini, dia ingin menyampaikan, anak-anak Surabaya untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan kerja sama. Makanya dalam menari itu harus kompak dan menari bersama-sama. "Diharapkan mereka bisa mengerti untuk mencapai keberhasilan itu dibutuhkan kerja sama,” tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Kebudayaan

Sementara itu, Konsul Jenderal Jepang di Kota Surabaya Masakitani mengatakan, ini adalah festival yang meriah. Ia mengapresiasi kerjasama dengan Surabaya. Ia juga menambahkan, total peserta Tari Tradisi asal Kota Kochi ini berjumlah 780 peserta. Di antaranya diikuti dari seluruh sekolah dari SD-SMA, perguruan tinggi, sampai asosiasi di Jawa Timur.

"Peserta kali ini berjumlah 26 tim. Masing-masing tim terdiri dari 30 orang jadi totalnya 780 peserta. Sebenernya kalau Tari Kochi sendiri di Jepang tiap tim terdiri dari 150 orang, namun di sini kita batasi tiap timnya,” kata Masakitani.

Menurut dia, kerja sama di bidang kebudayaan itu terus ingin berlanjut dari tahun ke tahun.  Sebab, ia memastikan kegiatan semacam ini mampu meningkatkan bentuk persahabatan. “Harapannya, meningkatkan kerja sama antara Kochi dan Surabaya dan diluaskan lagi,” tegasnya. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya Antiek Sugiharti menuturkan, inovasi terus dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan acara ini. Di antaranya menghibur warga dan yang pasti menaikkan sektor ekonomi di kota tercinta. 

"Festival Yosakoi ini sebenarnya sudah digelar sejak 2003. Biasanya digelar di Balai Kota dan sekarang dipindah ke Jalan Tunjungan yang dipadu dengan acara Mlaku-mlaku Nang Tunjungan, sehingga diharapkan pengunjung lebih membludak,” kata dia.

Adapun yang dilombakan dalam festival ini hanya  tarian Yosakoi. Sedangkan Tari Remo sudah didukung oleh beberapa sanggar yang menari bersama-sama di acara ini. Selain itu, ada pula flashmoob dan juga ada tari joget Surabaya. Berbagai kreasi dan inovasi tambahan ini diharapkan menambah meriah acara ini. "Alhamdulillah warga Surabaya tumplek-blek malam. Kami senang, warga pun gembira,” kata Antiek.

3 dari 3 halaman

Pagelaran ke-17

Mengutip instagram @surabaya, Festival Yosakoi dan Gebyar Remo ini merupakan pagelaran ke-17 pada 2019. Festival Yosakoi merupakan penanda kerja sama kota kembar atau disebut sister city antara Surabaya dengan Kota Kochi, Jepang. Kerja sama kedua kota ini terjalin sejak 1997.

Pada Sabtu sore ini, ada 780 anak yang mengikuti Festival Yosakoi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dalam pageralan festival tersebut juga dimeriahkan dengan flashmob.

Tak hanya itu, pada Sabtu ini juga digelar Mlaku-Mlaku Nan Tunjungan yang ada festival kuliner dan kerajinan tangan.

Festival Yosakoi dan Gebyar Remo ini juga merupakan pembukaan acara Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival 2019 yang digelar pada 21-25 Juli 2019.

Berikut keseruan acara Festival Yosakoi dan Gebyar Remo pada akhir pekan ini:

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bangga Surabaya (@surabaya) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.