Sukses

Khofifah Beri Bantuan "Jari Baru" kepada Perempuan yang Gigit Jarinya

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, Wiji Fitriani masih memerlukan perhatian, dukungan dan kepedulian oleh semua pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendatangi, kediaman Wiji Fitriani (28) pasien penderita gangguan jiwa asal Dusun Tambak Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Jawa Timur, Minggu, 21 Juli 2019.

Tujuan kedatangan Khofifah ke rumah Wiji untuk memberikan bantuan berupa pergelangan tangan jari buatan kepada Wiji. 

Sebelumnya, beberapa  jari tangan Fitriani sempat mengalami infeksi. Luka infeksi ini diakibatkan karena bersangkutan memiliki kebiasaan suka menggigit jari jemari tangannya sendiri  lalu digosokkan ke tanah.Tangannya kemudian mengalami pembusukan, Wiji Fitriani sempat ditangani dokter bedah di  RSUD Pare pada 2017.

Namun, belum sempat dilakukan tindakan bedah, neneknya meminta cucu satu satunya tersebut dipulangkan. Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu sudah membawa Wiji ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Selama tinggal di sana, Wiji Fitriani menjalani perawatan Sayco sosial teraphy. 

"Akhirnya diambil keputusan oh perlu rawat Sayco sosial teraphy, dilaksanakan di RSJ Jiwa Menur. Saya sempat bersambang ke mbak Fitri," ujar Khofifah Indar Parawansa

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selama menjalani perawatan di RSJ Menur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mengawasi. Karena kondisi kejiwaan dan fisiknya dirasa sudah membaik tim dokter akhirnya mengizinkan pulang.  Di samping itu, selama menjalani perawatan di sana,  bersangkutan acap kali meminta pulang dan segera ingin bertemu dengan neneknya. 

"Setelah itu ada proses penyiapan kortisi tangan, jadi ini saya rasa cukup ed fance kotisinya. Mudah mudahan seluruh tetangga yang ada disini bisa saling tolong dan membantu. Puskesmas terdekat, kami minta tolong masih terus memberikan pelayanan," ucap Khofifah. 

Khofifah menuturkan, Wiji Fitriani masih memerlukan  perhatian, dukungan dan kepedulian oleh  semua pihak. Dengan ada kepedulian dari lingkungan sekitar dan dukungan peran serta Pemda, bisa menjadikan proses sosial teraphy yang sangat efektif bagi bersangkutan. 

"Saya rasa semuanya sudah beriktihar, dan ketika teman teman juga memberikan suport kepada Fitri, saya rasa itu adalah proses sosial teraphy yang sangat efektif," kata dia. 

Dalam kegiatan tersebut, selain pemberian bantuan pergelangan tangan jari buatan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa juga menyerahkan sembako untuk kaum Dhuafa serta PKH Plus yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Dalam kunjungannya ke rumah Wiji Fitriani, mantan Menteri Sosial ini didampingi Bupati Kediri Hariyanti Sutrisno. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.