Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Makanan Kaki Lima Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

Liputan6.com, Jakarta Surabaya menawarkan ragam kuliner yang tak kalah lezat dari daerah lainnya. Makanan khas menjadi tujuan utama para pemburu kuliner di Surabaya. Beruntung, kuliner-kuliner Surabaya dapat dijangkau dengan mudah dan murah meriah.

Salah satu pilihan kuliner terbaik adalah makanan kaki lima Surabaya. Makanan kaki lima memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Harganya yang ramah di kantong membuat makanan ini banyak digemari orang. Di Surabaya, tersedia beragam makanan kaki lima mulai dari rawon hingga tahu campur.

Beberapa makanan kaki lima Surabaya ini sudah ada sejak jaman dulu dan terkenal hingga sekarang. Dari kaki lima, warung-warung ini mulai berkembang menjadi kedai yang terus dijejali pembeli. Berikut pilihan makanan kaki lima Surabaya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/7/2019).

2 dari 6 halaman

Rawon

Salah satu kuliner Surabaya yang tak boleh terlewat adalah rawon. Rawon merupakan makanan dengan warna kuah khasnya yang hitam dari campuran bumbu kluwek. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, dan sambal. Di Surabaya, banyak wisata kaki lima yang menawarkan rawon. Beberapa, sudah ada sejak puluhan tahun dan terkenal hingga saat ini.

Salah satu tempat kaki lima yang menyajikan rawon adalah Rawon Kalkulator yang berada di Sentra PKL Tamam Bungkul, Wonokromo, Surabaya. Tiap harinya warung tenda yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini tak pernah sepi pengunjung. Rawon Kalkulator sudah terkenal oleh para pecinta kuliner di Surabaya. Disebut kalkulator karena kemampuan kasir yang dapat menghitung harga makanan dengan cepat di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Cukup dengan uang Rp 20 ribu rupiah, Anda sudah dapat menikmati satu porsi rawon yang menggugah selera. Rawon Kalkulator buka dari pukul 11 pagi hingga 3 dini hari. Cocok untuk makan siang atau kuliner malam.

3 dari 6 halaman

Lontong balap

Selain rawon, Surabaya terkenal dengan lontong balapnya. Lontong balap terdiri dari irisan lontong taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang. Penjual lontong balap pada zaman dulu didominasi oleh penjual dari Kampung Kutisari dan Kendangsari yang sekarang menjadi wilayah Surabaya Selatan. Lontong balap kemudian menjadi makanan kaki lima yang masih eksis hingga sekarang.

Salah satu lontong balap yang paling terkenal adalah lontong balap Pak Gendut yang sudah ada sejak tahun 1958. Dimulai dari warung kaki lima, lontong balap Pak Gendut kini terus berkembang hingga memiliki beberapa cabang.

Warung lontong balap Pak Gendut berada di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM + Dekat Stasiun Gubeng) dan Jl. Embong Malang No. 38 Surabaya (seberang UFO Outlet). Satu porsi lontong balap Pak Gendut dapat dinikmati dengan kocek yang cukup murah yaitu Rp 17 ribu.

4 dari 6 halaman

Tahu Campur

Tahu campur terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal. Tahu campur menjadi makanan kaki lima Surabaya yang banyak ditemui di sepanjang jalan.

Salah satu tahu campur yang terkenal di Surabaya adalah Tahu Campur Kalasan. Tahu campur ini berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya. Warung ini sudah menjadi tempat kuliner legendaris di Surabaya yang tak pernah sepi pengunjung. Cukup merogoh kocek Rp 20 ribu, Anda sudah dapat menikmati kelezatan tahu campur ini.

5 dari 6 halaman

Sate Klopo

Kuliner Surabaya satu ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Yang istimewa adalah dagingnya yang lebih besar dan dibumbui dengan kelapa yang telah disangrai. Sate klopo bisa ditemukan dengan mudah di tepi jalan kota Surabaya.

Sate klopo yang terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen. Nama Ondomohen sendiri diambil dari nama jalan di mana warung sate ini berada pada jaman dulu. Untuk menikmati wisata kuliner Surabaya satu ini, kamu bisa datang ke Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya. Warung ini buka dari siang dampai malam hari. Untuk satu porsinya, kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp 20.000,00 saja.

6 dari 6 halaman

Sego Sambel Mak Yeye

Salah satu kuliner kaki lima murah meriah di Surabaya adalah Sego Sambel Mak Yeye. Tempat ini merupakan tempat kuliner malam yang tak pernah sepi pembeli bahkan hingga menghasilkan antrean panjang. Menu di tempat ini memang sederhana mulai dari Rp 10 ribu. Salah satu menu yang tak boleh terlewatkan adalah nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah yang pedas.

Sego Sambel Mak Yeye buka pada malam hari mulai pukul 22.00 sampai dengan 04.00 WIB. Lokasinya berada di di Jalan Jagir, Wonokromo Wetan No 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura