Sukses

PLN Operasikan PLTM 1,8 MW di Sampeanbaru Bondowoso

PLN operasikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTM) Sampean Baru berkapasitas 1,8 MW di Desa Sampean Baru, Tapen Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (23/7/2019).

Liputan6.com, Surabaya - PLN operasikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTM) Sampean Baru berkapasitas 1,8 MW di  Desa Sampean Baru, Tapen Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (23/7/2019).

PLTM Sampean Baru diresmikan dan dioperasikan langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Bob Saril bersama Bupati Bondowoso, KH. Salwa Arifin. 

Pembangkit yang terletak di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo memanfaatkan potensi aliran Bendungan Sampean Baru sebagai sumber tenaga.

Untuk menuju pembangkit, lokasi tempuh yang diperlukan dari Situbondo sekitar 23 km melalui jalur darat. Didukung oleh dua generator mesin 1 dan 2, PLTM Sampean Baru menghasilkan  tegangan 6,3 KV lalu di step up menjadi 20 KV, untuk selanjutnya masuk ke jaringan 20 KV Penyulang Syukur.

Dengan kapasitas yang dimiliki, PLTM Sampean Baru mampu menyuplai daerah Tapen, Klabang, Sukosari,  Sumberwringin dan Sukorejo dengan perkiraan sekitar 1.500 KK. 

Dalam sambutannya, Bob Saril menyampaikan tantangan PLN di wilayah Bondowoso masih besar yakni meningkatkan rasio elektrifikasi yang masih berada dalam angka 80,5 persen di bawah rata-rata nasional 98,56 persen. Hal ini  karena wilayah geografis yang melalui pegunungan serta hutan lindung.

"PLN berkomitmen mendukung segala macam program pembangunan dan investasi industri yang berada di Bondowoso, terlebih kecukupan daya listrik di Jawa Timur sebanyak 9500 MW dan yang digunakan Jawa Timur baru 5500  MW, sehingga PLN sangat siap untuk mencukupi kebutuhan listrik masyarakat Jawa Timur," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Keberadaan PLTM Sampean Baru mampu memperbaiki kualitas tegangan dan  memperbaiki susut teknis sehingga mampu mendukung peningkatan keandalan  pasokan listrik. Apresiasi positif disampaikan oleh Bupati Bondowoso, KH. Salwa  Arifin atas beroperasinya PLTM Sampean Baru.

"Terimakasih dukungan PLN kepada Pemerintah Bondowoso, harapannya dengan beroperasi PLTM ini mampu meringankan beban pemerintah pada wilayah yang belum tersalurkan listrik, karena listrik menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat. Kami juga mengimbau masyarakat dapat memelihara lingkungan karena listrik dihasilkan dari debit sungai sekitar," kata dia.

Gatot Subroto, warga Situbondo mengapreiasi  PLN atas beroperasi kembalinya PLTM Sampean Baru. Ia berharap dengan  dioperasikannya pembangkit ini, listrik menjadi lebih andal khususnya saat musim penghujan tiba. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.