Sukses

5 Tempat Wisata Unik di Surabaya

Ada beberapa tempat wisata unik di Surabaya. Wajib mampir ke sini.

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, adalah kota yang menarik. Banyak tempat wisata di Kota Pahlawan itu. Jika Anda jalan ke Surabaya, sempatkan mampir di tempat-tempat wisata menarik.

Jakarta ke Surabaya yang berjarak sekitar 750 kilometer bisa ditempuh melalui jalur darat ataupun jalur udara. Bila melalui jalur darat dengan transportasi umum yakni bus melalui Terminal Kalideres Jakarta menuju Terminal Bungurasih Surabaya dengan waktu perjalanan sekitar 10 jam.

Dengan kereta api melalui Stasiun Pasar Senen/Gambir menuju Stasiun Turi/Gubeng dengan waktu perjalanan sekitar 11 jam. Bila melalui jalur udara dapat dari Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Juanda dengan waktu tempuh hanya dalam 1,5 jam.

Kota Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari wisata alam, budaya/sejarah, religi, kuliner, edukasi, hingga berbelanja. Selain mengunjungi tempat wisata yang kamu ketahui, ini dia lima tempat wisata yang mungkin Anda belum tahu.

1. Kampung Lawas Maspati

Terletak di Kelurahan Bubutan, Surabaya, berjarak 1 km dari Stasiun Surabaya Kota. Apa yang menjadikannya unik yaitu di Kampung Lawas Maspati terdapat bangunan-bangunan dan barang-barang peninggalan Kerajaan Mataram, seperti Rumah Raden Sumomiharjo, rumah Tumenggung dan Patih atau para pejabat Kerajaan, markas perang jaman kolonial dan terdapat juga hasil kreatifitas masyarakat setempat untuk belanja oleh-oleh.

2. Penjara Koblen

Terletak di Kecamatan Bubutan, Surabaya, berjarak 800 meter dari Stasiun Pasar Turi. Dibangun pada 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda selain menjadi markas perang juga dijadikan sebagai Rumah Tahanan Perang oleh Belanda kemudian Jepang untuk para pejuang kemerdekaan Indonesia, seperti pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, pendiri Sampoerna Liem Seng Tee. Penjara Koblen menjadi salah satu medan pertempuran yang sengit sewaktu memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

3. Taman Air Mancur Menari Kenjeran

Terletak di Kecamatan Kenjeran, Surabaya, berjarak 10 km dari Stasiun Pasar Turi. Taman Air Mancur Menari Kenjeran pertama kali diresmikan pada 9 Juli 2016. Selain air mancur, juga ditambahkan dengan pertunjukan gerakan air mancur seperti menari mengikuti irama musik/lagu yang diputar dipadukan dengan teknologi lighting warna-warni yang menambah keindahannya. Namun, pertunjukan air mancur menari tidak setiap hari, melainkan hanya 1 kali/minggu yaitu hari Sabtu dengan durasi 1 jam mulai pukul 20.00 Wib – 21.00 WIB.

4. Wisata Manggrove Gunung Anyar

Terletak di Kecamatan Rungkut, Surabaya, berjarak 13 km dari Bandara Juanda. Wisata Mangrove Gunung Anyar memiliki latar belakang yang indah yakni barisan pohon Manggrove di sepanjang jembatan kayu. Udaranya pun masih segar, asri, dan tenang karena jauh dari keramaian. Sore hari saat matahari akan terbenam waktu yang tepat mengunjungi Wisata Manggrove Gunung Anyar. Latar hutan Bakau dan indahnya cahaya matahari terbenam menjadikannya salah satu momen indah yang tidak akan terlupakan.

5. Wisata Sungai Kalimas Surabaya

Wisata Sungai Kalimas Surabaya yaitu menyusuri dengan menggunakan perahu Sungai Kalimas yang merupakan salah satu sungai tertua dan terbesar ditengah Kota Surabaya. Rute awal dimulai di Taman Prestasi Surabaya di pinggir Sungai Kalimas kemudian menyusuri Kalimas hingga Monumen Kapal Surabaya, selanjutnya kembali menuju Taman Prestasi. Menyusuri Kalimas selama waktu 20 menit akan membawa kita merasakan keindahan dan perkembangan Surabaya dari masa kolonial hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.