Sukses

8 Tempat Makan Cicipi Makanan Penyetan di Surabaya

Surabaya memiliki menu makanan penyetan yang bervariasi. Yuk cari tempat makan yang sediakan makanan penyetan di Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Di Surabaya, bertebaran warung-warung makan yang menjual makanan penyetan. Ayam penyet itu sendiri merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Menu makanannya itu ada ayam penyet, iga penyet, bakwan penyet, dan lain sebagainya.

Penyetan berasal dari kata "penyet" yang berarti meratakan. Sebagian dari masakan penyetan terdiri dari kedelai goreng, tahu goreng, daging, dan ayam. Biasanya disajikan dengan banyak cabai dan lalapan sayuran mentah. Di Surabaya, makanan penyetan ini juga dapat kita nikmati.

Lalapan itu untuk melawan rasa pedas dari penyetan tersebut. Liputan6.com mengutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol berikut ini:

1. Ayam Penyet Ria

Berada di Tunjungan Plaza 2 Lantai 5

Buka mulai pukul 10.00 – 22.00

Tempat makan ini menyediakan menu ayam penyet, iga penyet, nasi campur, nasi kuning ayam bumbu rujak, bandeng presto, udang penyet, bakwan penyet, nasi timbel ayam, dan masih banyak lagi.

2. Depot Al Doho

Lokasinya di Jalan Doho No.9

Buka mulai pukul 08.00 – 16.00

Dimulai pada 1996 oleh Ibu Sulistyowati selaku pemiliknya. Ia dikenal mau menerima saran dari pelanggannya, termasuk dalam hal masakannya, dan jam buka depotnya. Menu utama depot ini ialah sambal penyet yang bisa disajikan mentah dan juga matang.

3. Kakkk, Ayam Geprek!!!

Berada di Jalan Dharmawangsa No.115 di Surabaya, Jawa Timur

Buka mulai pukul 10.00 – 21.00

Menyediakan menu ayam goreng yang digeprek bersama sambal bawang dan disajikan dengan pelengkap lalapan daun kol dan ketimun, nasi putih dan semangkuk sop.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warung Bu Kris

3. Kakkk, Ayam Geprek!!!

Berada di Jalan Dharmawangsa No.115

Buka mulai pukul 10.00 – 21.00

Menyediakan menu ayam goreng yang digeprek bersama sambal bawang dan disajikan dengan pelengkap lalapan daun kol dan ketimun, nasi putih dan semangkuk sop.

4. SBS (Spesial Belut Surabaya) H. Poer

Lokasinya di Jalan Raya Banyu Urip No.139

Buka mulai pukul 08.00 – 16.00

SBS didirikan pada 1986 oleh Bapak H. Poer, sebelumnya ia adalah karyawan di sebuah perusahaan, yang penghasilannya hanya cukup untuk makan saja. Darisitulah muncul ide untuk mendirikan usaha sendiri.

5. Warung Bu Kris

Berada di Ruko Villa Bukit Mas Blok RO No.1, Jalan Abdul Wahab Siamin

Buka mulai pukul 10.00 – 22.00

Warung Bu Kris pertama kali dibuka di Surabaya pada 1995. Awalnya warung itu hanya menjual ayam dan tempe penyet saja, tapi seiring perkembangan zaman, warung ini menambahkan beberapa menu lain seperti empal dan bakwan penyet.

3 dari 3 halaman

Warung Ipang

6. Warung Ipang

Lokasinya di Tunjungan Plaza Lantai 5 No.9-11

Buka mulai pukul 10.00 – 22.00

Warung ini didirikan pada 2011 oleh Bapak Rudy, dengan sebuah visi untuk menyajikan iga panggang di sebuah restoran yang bernuansa Indonesia.

7. Warung Leko

Berada di Jalan Manyar Kertoarjo V No.9

Buka mulai pukul 10.00 – 22.00

Warung ini menyediakan berbagai jenis penyetan. Menu favorit di warung ini yaitu iga penyet.

8. Waroeng SS (Spesial Sambal)

Lokasinya di Jalan Merapi No.12-14

Buka mulai pukul 11.00 – 22.00

Warung ini didirikan pada 2002, menyediakan berbagai jenis sambal seperti sambal terasi, sambal cumi, sambal jamur, dan sambal teri. Sambalnya disajikan dengan cobek yang mungil, begitu juga dengan masakan-masakan lainnya.

Penasaran tidak dengan menu-menu penyetan tersebut? Buat Anda para pecinta pedas, bisa pertimbangkan untuk datangi tempatnya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.