Sukses

Yuk, Wisata Gratis di Taman Flora Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang berlibur di Surabaya, Jawa Timur? Ingin mencari tempat rekreasi dengan biaya minim? Kota ini memiliki banyak taman sehingga dijuluki Kota Taman. Keberadaan taman ini menambah suasana hijau di Kota Pahlawan.

Tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke salah satu taman di Kota Pahlawan yaitu Taman Flora Surabaya. Dengan mengunjungi taman ini diharapkan bisa mengurangi penat dan hirup udara segar di tengah kota Surabaya.

Taman yang berlokasi di Jalan Manyar 80A ini memiliki lahan seluas 3,3 hektar dan dibangun 2007. Awalnya taman ini dibangun sebagai tempat pembibitan tanaman taman kota, sehingga dikenal dengan sebutan Kebun Bibit.

Mengutip laman surabaya.go.id, Minggu (28/7/2019), tidak hanya sebagai tempat rekreasi, Taman Flora juga menjadi saran edukasi karena di sini terdapat berbagai macam tanaman dan hewan seperti rusa tutul, beragam burung dan ikan serta kura-kura.

Terdapat juga arena bermain, kolam buatan, jalur refleksi, air mancur dan olahraga yang ramah anak sehingga taman ini cocok untuk anak-anak belajar sembari menikmati indahnya pemandangan yang ada.

Perpustakaan gratis juga disediakan untuk pengunjung. Selain itu, terdapat Broadband Learning Center yang menjadi pusat pembelajaran teknologi gratis di taman ini. Pengunjung diajarkan mengenai pengenalan browser, social networking, pembuatan presentasi dan desain grafis. Lalu ada Techno Park karena tersedia WiFi di area tersebut.

Untuk memasuki dan mencoba berbagai fasilitas disini, Anda tidak perlu khawatir karena Taman Flora di Surabaya tidak dikenakan biaya sepeser pun. Taman Flora beroperasi dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

(Tito Gildas, mahasiswa Kriminologi Universitas Indonesia)

2 dari 3 halaman

Mengunjungi Taman Prestasi Surabaya

Sebelumnya, Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak taman. Pada 2019, Pemerintah Kota Surabaya menambah sekitar 70 taman. Di Kota Pahlawan ini tampak hijau dengan kehadiran taman-taman tersebut.

Ada taman ini merupakan suatu langkah Pemerintah Kota Surabaya untuk membuat kota ini nyaman dan menjadi tujuan wisata bagi turis. Bila Anda berkunjung ke Surabaya, ada salah satu taman yang bisa Anda kunjungi dan letaknya berada di pusat kota. Taman tersebut bernama Taman Prestasi.

Taman Prestasi berada di Jalan Ketabang Kali No.6, Surabaya, Jawa Timur. Pengunjung bisa datang ke taman ini mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB, dan tidak dipungut biaya masuk.

Taman ini memiliki lahan mencapai luas 6.000 meter persegi. Taman ini juga menjadi salah satu taman yang paling populer di Surabaya. Taman Prestasi dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Lokasi taman ini berada di pusat kota, sehingga hal itu menjadi alasan bagi banyak orang untuk mengunjunginya.  Nama Taman Prestasi itu sendiri mungkin berasal dari beberapa replika penghargaan yang ada di sini.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Kota Surabaya. Replika penghargaan itu diletakkan di titik tertentu di taman, antara lain Kota Raya Terbersih 1992, dan Wahana Tata Nugraha 1992.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan berbagai fasilitas umum di taman ini, antara lain arena bermain. Di arena tersebut, anak-anak dapat bermain seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan area bermain pasir pantai.

Selain itu, taman ini dilengkapi akses free WiFi, pengunjung juga bisa menikmati wisata perahu naga dan perahu dayung yang menyusuri Kalimas. Selanjutnya, ada fasilitas panggung terbuka dan panggung teater atau hiburan.

Yang lebih istimewanya lagi, taman ini menyediakan fasilitas bagi penyandang difabel, misalnya pintu masuk khusus dan guiding block. Tidak hanya itu, ada juga fasilitas jogging track di sepanjang taman ini, letaknya bersebelahan dengan Kalimas.

Taman Prestasi ini pula dilengkapi adanya toilet, mushola, dan gazebo bagi para pengunjung. Disini, pengunjung juga bisa kulineran, karena di area taman ada banyak penjual makanan seperti makanan bakso, soto, sambelan, dan aneka jajanan lainnya.

Seringkali ada pelajar yang datang ke Taman Prestasi, mereka memanfaatkan taman untuk berkreasi dan menyalurkan aspirasinya seperti melukis, dan belajar. Taman ini pula dihiasi dengan sekitar 21 jenis tanaman, sehingga suasananya asri dan nyaman untuk melepas penat.

Pemkot Surabaya memang totalitas dalam memfasilitasi setiap tamannya. Warga Surabaya saja sangat menyukai taman ini,  jangan ragu-ragu untuk menengok Taman Prestasi yang penuh dengan prestasi ini.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini