Sukses

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Menikmati Soto di Surabaya

Sebelumnya, Soto merupakan salah satu makanan yang dapat ditemui di sudut kota di Indonesia, termasuk Surabaya, Jawa Timur.

Ada sejumlah soto yang dapat dinikmati di Kota Pahlawan ini meski bukan asal dari Surabaya. Salah satu Soto Madura yang termasuk salah satu makanan populer di Surabaya, Jawa Timur.

Soto ini ada yang berbahan dasar daging ayam, sapi, yang dilengkapi daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Biasanya semangkuk Soto Madura ini juga dilengkapi dengan nasi putih.

Di Kota Pahlawan ini, ada sejumlah tempat makan yang menyajikan Soto Madura yang bisa jadi pertimbangan untuk menu pilihan makanan Anda. Seperti dikutip dari buku Food Report Surabaya, by Surabaya Food Patrol ada sejumlah makanan yang dapat jadi pilihan:

1.Soto Gubeng Pojok Asli

Tempat makan ini buka pukul 06.30-12.00 yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 30. Seperti dikutip dari buku Food Report Surabaya, soto ini terkenal di kalangan penggemar Soto Madura di Surabaya. Soto Gubeng Pojok Asli ini hanya buka dari pukul 06.30 pagi hingga 12 siang, dan digantikan oleh pedagang setelah waktu tersebut.

2.Soto Madura Wawan

Tempat makan ini buka 24 jam yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono 86B. Tempat makan ini juga memiliki cabang antara lain di Jl Dr. H. Soekarno Nomor 437 (MERR IIC-Panduko), Galaxy Mall, dan JL HR Muhammad Nomor 123.

3. Soto Tapak Siring

Tempat makan ini buka pukul 07.00-21.00 yang terletak di Jalan Dharmahusada Nomor 14. Nama Tapak Siring ini berasal dari nama Jalan Tapak Siring, Surabaya,  tempat soto ini bertempat saat awal berjualan 30 tahun yang lalu.

Soto asli Madura ini dikenal unik karena proses memasaknya menggunakan kayu bakar sehingga menambah aroma khas yang tidak bisa didapat pada penggunaan kompor atau elpiji.