Sukses

Ini 5 Klub Olahraga Asal Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kota tentu memiliki berbagai klub olahraga. Kalau Jakarta mempunyai klub sepak bola Persija, Surabaya juga mempunyai Persebaya dan berbagai klub cabang olahraga lainnya.

Klub olahraga asal Surabaya dari masing-masing cabang olahraga antara lain ada Persebaya, CLS Knights, Surabaya Samator, PB Suryanaga Surabaya, dan POR Suryanaga Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) pun berencana membangun museum olahraga, hal itu untuk mengapresiasi para atletnya. Menelusuri dari akun instagram @suroboyo.ku dan dari berbagai sumber, Liputan6.com merangkum klub olahraga asal Surabaya, Jawa Timur:

1.Persebaya

Klub sepak bola asal Surabaya ini berdiri pada 1927 dengan nama awalnya yaitu Soerabhaiasche Indische Voetbal Bond (SIVB). Sejumlah prestasi telah berhasil mereka raih, diantaranya enam gelar juara Perserikatan pada 1997, dan dua gelar Liga Indonesia pada 2004. Selanjutnya, pada 2017 Persebaya juga mampu menyabet julukan juara Liga 2.

2. CLS Knights

Merupakan klub basket profesional ASEAN Basketball League (ABL) dari Surabaya yang dibentuk pada Februari 1946. Sebelumnya, klub ini sempat beberapa kali ganti nama, karena suatu hal tertentu, hingga akhirnya ditetapkanlah nama CLS Knights. Pada 2011, klub ini mampu mendapat julukan runner up pada liga National Basketball League (NBL) Indonesia. Kemenangan tersebut merupakan kali pertama  mendapatkan titel juara.

3. Surabaya Samator

Ini adalah klub voli asal Surabaya yang berdiri pada 2000-an. Klub yang tidak perlu diragukan lagi akan kemampuannya. Tim mereka bahkan menjadi salah satu tim yang memegang gelar terbanyak di Proliga. Klub ini sukses mendapatkan 7 penghargaan Proliga, diantaranya pada 2007, 2009, 2014, 2016, 2018 dan 2019. Ketika 2019, mereka mengalahkan rivalnya yaitu BNI46 dengan skor 3-1 di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

 

 

2 dari 3 halaman

Suryanaga Surabaya

4. PB Suryanaga Surabaya

Merupakan klub bulu tangkis yang telah melahirkan banyak atlet kebanggaan negara seperti Soni Dwi Kuncoro, Alan Budi Kusuma, Trikus Harijanto, Lilik Sudarwati, Theodora Wijaya dan Kethut Mahadewi. Mereka pula telah mendapatkan sederet prestasi yang membanggakan. Oleh karena itu, tentu mereka mempunyai kemampuan yang mumpuni dicabang olahraga bulu tangkis.

5. POR Suryanaga Surabaya

Klub olahraga yang dibentuk sejak 1908. Klub selam binaan POR Suryanaga ini telah menerima banyak penghargaan, seperti pada ajang Piala Koni 2018 lalu. Mereka memperoleh juara umum dengan total 78 medali, terdiri dari 38 emas, 28 perak dan, 12 perunggu. Pada ajang tersebut, atlet selam dari POR Suryanaga juga mendominasi best performance swimmer, yaitu Fadhil Rizky Putra meraih 4 emas, dan Wulan Eri Sandy mendapat 5 emas.

Klub-klub olahraga Surabaya tersebut memang tidak bisa sembarangan diremehkan. Mereka berusaha dengan keras untuk mencapai di titik tersebut. Maka, teruslah kembangkan potensi, apalagi dalam hal yang positif seperti ini.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini