Sukses

Memburu Soto Banjar di Surabaya

Di Surabaya, ada banyak warung yang menjual soto banjar, walaupun Soto Banjar itu adalah makanan khas Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Surabaya - Soto Banjar merupakan hidangan khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Akan tetapi, Anda bisa juga menikmati soto banjar di Surabaya. Tidak kalah dengan makanan khas Surabaya lainnya, soto banjar juga diminati oleh warga Surabaya, Jawa Timur.

Makanan tersebut terbuat dari berbagai rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Ada beberapa pembuatan kuah soto banjar yang dicampurkan dengan susu yang membuat kuahnya menjadi tidak bening, tetapi sedikit berwarna.

Soto Banjar biasa disajikan dengan perkedel kentang, dan dimakan bersama nasi atau ketupat. Mengutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, Liputan6.com merangkum tempat makan soto banjar di Surabaya sebagai berikut:

1) Depot Mak Ay

Berada di Jalan Raya Kupang Jaya No.1 Kav. 3A

Buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.00 – 20.30 WIB

Depot Mak Ay menyediakan menu soto banjar, sate ayam banjar, nasi campur, nasi rawon, gado-gado, lontong cap gomeh, empal, perkedel kornet, nasi kuning, dan penyetan. 

2) Pal-Satu

Lokasinya di Jalan Kedungdoro No.111B

Buka setiap hari, mulai pukul 17.30 – 01.00 WIB

Warung ini menjual berbagai jenis soto, di antaranya ada soto banjar, soto ketupat, soto nasi, sate ayam, nasi kuning, dan perkedel. Makanan favorit pengunjung yaitu soto banjar dan sate ayamnya.

3) Warung Go-Go

Tempatnya ada di Jalan Raya Bukit Darmo No.39

Buka setiap hari, mulai pukul 06.30-16.00

Warung ini dirintis oleh Bapak Edi dan Ibu Ningsih sejak 2010 dengan menonjolkan resep turun-temurun keluarganya. Ibu Ningsih meracik sendiri semua bahan dan kaldunya, ia menggunakan kentang untuk mengentalkan kuahnya. Soto Banjar disini biasa disajikan bersama kerupuk melinjo.

Bagaimana?, Anda sudah mulai tergoda dengan menu soto banjar yang ada di warung-warung tersebut? Masyarakat Surabaya saja suka, Anda juga harus coba.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.