Sukses

Melahap Rupa-Rupa Nasi di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia kaya akan kulinernya yang beragam. Tiap-tiap daerah memiliki hidangan khasnya yang mampu menggugah selera. Di Surabaya, Jawa Timur memang santapan yang banyak diburu adalah rawon.

Akan tetapi, di Surabaya juga ada hidangan lain seperti berbagai varian nasi? Ada nasi kuning, nasi timbel, dan nasi uduk. Ketiganya memiliki ciri khasnya tersendiri. Nasi kuning, warna kuning dari nasi tersebut karena berasnya dimasak bersama kunyit, juga ada santan.

Kalau nasi timbel, diolah dengan dibungkus daun pisang, sedangkan nasi uduk, ialah hidangan nasi campur yang disajikan dengan emping, dan sambal kacang. Liputan6.com mengutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol berikut ini, tempat makan yang sediakan hidangan nasi timbel hingga nasi kuning:

1.Depot Soto Banjar Achmad Jais

Berada di Jalan Achmad Jais No.6-6A

Buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 06.30 – 17.00 WIB

Depot ini menyediakan menu-menu seperti nasi kuning, soto nasi, soto ketupat, berbagai varian lontong sayur, sayur asam, sate, ikan bakar, dan ayam bakar. Menu favorit pengunjung ialah nasi kuningnya.

2. Rumah Makan Idaman

Lokasinya di Jalan Manyar Kertoarjo V No.65 (depan Bonnet)

Buka setiap hari, mulai pukul 17.30 – 01.00 WIB

Menjual nasi kuning dengan berbagai pilihan lauk. Lauk pauknya antara lain ada empal goreng tepung, ayam bumbu rujak, ayam goreng, dan ayam opor.

3. Warung Go-Go

Tempatnya ada di Jalan Raya Bukit Darmo No.39, Surabaya

Buka setiap hari, mulai pukul 06.30-16.00

Warung yang menghidangkan berbagai nasi kuning dengan lauk pauknya, soto banjar, lontong sayur, nasi campur, dan ikan patin bakar/goreng.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4.Fusia

Berada di Jalan Dr. Soetomo No.134

Buka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 10.00 – 22.00 WIB, Sabtu dan Minggu pukul 10.00 – 23.00 WIB

Menyediakan nasi timbel yang disajikan diatas wadah yang terbuat dari anyaman dan dilapisi daun pisang. Nasi timbel di sini biasa disajikan bersama lauk pauk ikan asin, tahu, tempe goreng, ayam goreng tepung, perkedel jagung, daging empal goreng, lalapan ketimun, tomat, selada, kacang panjang, dan sayur asam.

5. Tip-Top

Lokasinya di Jalan Manyar Kertoarjo V No.38  

Buka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB

Nasi Timbel Tip-Top disajikan bersama sambal dan sayur asam. Selain itu, terdapat juga beraneka macam nasi timbel, seperti nasi timbel udang, nasi timbel bandeng, nasi timbel, bebel/ayam, dan nasi timbel udang.

6.Nasi Uduk Monalisa

Tempatnya ada di Jalan Mayjend Sungkono No.342 (sebelah pom bensin)

Buka setiap hari, mulai pukul 18.00-22.00

Warung ini dirintis oleh Ibu Kumala pada 1994. Awalnya warung tersebut bernama Nasi Uduk Remaja, kemudian diganti menjadi Nasi Uduk Monalisa, nama tersebut diambil dari nama anak perempuannya. Nasi uduk di warung ini disajikan dengan sambal kacang, sambal terasi, dan berbagai lauk pauk seperti emping.

Nah, varian nasi mana yang menjadi favorit Anda?  

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim