Sukses

ITS Surabaya Terima 496 Mahasiswa Baru Kelas Internasional pada 2019

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menerima mahasiswa baru dari jalur program kelas internasional atau International Undergraduate Program (IUP) pada 2019 untuk kali pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menerima mahasiswa baru dari jalur program kelas internasional atau International Undergraduate Program (IUP) pada 2019 untuk kali pertama.

Dari 713 pendaftar yang tercatat pada jalur tersebut, ada 496 yang dinyatakan diterima. Wakil Rektor I ITS Surabaya Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Adi Soeprijanto menuturkan, para pendaftar pada jalur kelas internasional ini paling banyak memilih program studi (prodi) teknik industri dengan jumlah pendaftar sebanyak 88 orang.

Kemudian disusul dengan teknik sipil dan mesin masing-masing terdapat 67 dan 59 pendaftar. Sementara itu, pendaftar paling sedikit terdaftar pada prodi teknik fisika sebanyak 17 pendaftar. Hasil seleksi kelas internasional itu diumumkan pada Sabtu 27 Juli 2019.

Adi menuturkan, program IUP ini seluruh perkuliahan akan menggunakan pengantar bahasa Inggris termasuk mata kuliah wajib yang dilaksanakan bersama-sama dengan jurusan lain.

"Sebenarnya hal tersebut akan membiasakan mahasiswa itu sendiri ketika mengikuti berbagai program ke luar negeri yang pastinya nanti menggunakan bahasa Inggris," ungkapnya seperti dikutip dari laman ITS Surabaya, Selasa (30/7/2019).

Selain akan berdampak kepada mahasiswa, program ini juga bakal berimbas pada peningkatan kualitas dari staf dan dosen pengajar pada setiap departemen yang menjalankan program Kelas Internasional tersebut. Lantaran, mereka akan lebih sering menggunakan bahasa internasional dalam menjalankan tugasnya dan dapat memposisikan dirinya sebagai staf dan pengajar bertaraf internasional.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Program tersebut juga tidak selamanya akan diajar dosen yang berasal dari Indonesia ataupun internal ITS sendiri. “Namun pada waktu tertentu, akan terdapat dosen dari luar negeri yang mengajar perkuliahan di kelas-kelas internasional ini,” ujar dosen Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro (FTE) ITS tersebut.

Dari ITS, lanjut Adi, juga akan menawarkan berbagai program ke luar negeri baik itu dalam bentuk short program, student exchange, student excursion, ataupun yang lainnya. Harapannya, dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di negeri orang tersebut, para mahasiswa kelas internasional bisa memperoleh berbagai ilmu kedisiplinan dari negara luar dan bisa membawa serta menerapkan semua ilmu tersebut yang sesuai di negara Indonesia.

Bagi para pendaftar yang telah dinyatakan diterima di Kelas Internasional ini, sudah bisa melakukan daftar ulang secara online mulai 29 – 31 Juli 2019, sampai Senin, 5 Agustus 2019. Sedangkan verifikasi data dan tes kesehatan dijadwalkan pada tanggal 1 – 5 Agustus 2019 sesuai jadwal prodi masing-masing. Setelah itu, mereka juga akan menjalani berbagai kegiatan pengenalan bersama seluruh mahasiswa baru ITS dari jalur lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.