Sukses

Universitas Airlangga Larang Peloncoan Saat Kukuhkan 6.000 Mahasiswa Baru

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Mohammad Nasih akan mengukuhkan lebih dari 6.000 Mahasiswa Baru (Maba) di Airlangga Convention Center Kampus C pada Kamis 1 Agustus 2019.

Liputan6.com, Surabaya - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Mohammad Nasih akan mengukuhkan lebih dari 6.000 Mahasiswa Baru (Maba) di Airlangga Convention Center Kampus C pada Kamis 1 Agustus 2019.

Pengukuhan mahasiswa itu menandai resminya mahasiswa baru menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Dari lebih dari 6.000 mahasiswa baru itu, mereka berasal dari jenjang D3 dan S1. Dari jumlah itu, 128 mahasiswa berasal dari program kelas internasional, dan 16 mahasiswa berasal dari Malaysia.

Nasih mengimbau, kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti pengukuhan dan serangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa dikenal PKKMB.

"Selamat kepada adik-adik yang bergabung menjadi mahasiswa baru Unair. Ikuti seluruh rangkaian PKKMB untuk mengetahui kehidupan kampus," tutur dia, Rabu (31/7/2019). 

Pada kegiatan PKKMB tahun ini, Unair mengusung tema “Kebangsaan dan Cinta Lingkungan”. Serangkaian kegiatan PKKMB akan dilaksanakan mulai 1-9 Agustus 2019.

Direktur Kemahasiswaan Unair, Hadi Shubhan menyatakan, pada prinsipnya PKKMB menjadi wadah bagi maghasiswa baru untuk mengenal Unair lebih dalam. Para mahasiswa baru akan mendapatkan wawasan seputar sistem belajar di Unair, kehidupan kampus secara umum, dan sarana prasaran yang ada di Unair.

"Yang tidak kalah penting ialah pembelajaran mengenai etika di kampus serta peraturan - peraturan yang berlaku di kampus," ucap Hadi.

Mengenai jalannya acara pengenalan kampus, lanjutnya, Universitas Airlangga Surabaya melarang secara tegas setiap bentuk kekerasan, pelanggaran etika maupun aturan negara. Kegiatan PKKMB dikemas dalam bentuk pengenalan kampus, kebangsaan, dan kemasyarakatan.

"Jadi saat pelaksanaan PKKMB, tidak akan ada kegiatan jemur-menjemur, hukuman push-up dan sebagainya. Sekali lagi, kita melarang tegas tindak kekerasan dan perpeloncoan," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan PKKMB Dibagi Dua Bagian

Serangkaian kegiatan PKKMB Unair dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kegiatan di tingkat universitas selama empat hari. Kedua, kegiatan di tingkat fakultas yang akan berlangsung selama tiga hari. Pengukuhan mahasiswa baru yang akan berlangsung di ACC akan dihadiri oleh Gubernur Jatim yang juga alumnus Unair Khofifah Indar Parawansa.

Berkaitan dengan pengenalan Unair terhadap peduli lingkungan, ada hal baru yang disuguhkan oleh UNAIR yaitu kegiatan penghijauan atau reboisasi. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa harus menjaga tanaman hingga dia lulus dari Unair.

"Bukan hanya menanam, setelah ditanam, selama masa kuliah pohon itu juga harus dipantau dan dirawat," ujar dia.

Selain menanam pohon, mahasiswa baru juga akan diajarkan cara menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Salah satunya ialah dengan mengurangi penggunaan tempat makanan atau minuman plastik sekali pakai. Dengan adanya penghaijauan, Hadi berharap, dapat memberikan kesadaran kepada mahasiswa baru menganai green campus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.