Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Emil Dardak Bertemu Duta Besar Slowakia untuk Indonesia, Bahas Apa Saja?

Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menjajaki kerja sama dengan Slowakia di bidang industri 4.0. Duta Besar Slowakia untuk Indonesia bertemu dengan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak pada Selasa, 30 Juli 2019. Pada pertemuan itu, Jatim dan Slowakia memiliki kemiripan sebagai kawasan sentra industri.

"Kalau Jatim salah satu sentra industri di Indonesia, maka Slowakia menjadi sentra industri di kawasan Eropa,” ujar Emil Dardak seperti dikutip dari suarasurabaya.net.

Kedua perwakilan pemerintah itu membincangkan tentang persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi industri 4.0.

Persoalan upah tenaga kerja juga menjadi bahan pembicaraan di pertemuan itu. Kedua pemerintah sepakah kesejahteraan buruh harus diupayakan, sekaligus membangun daya saing usaha yang kompetitif.

"Hal-hal inilah yang diharapkan bisa bersama-sama melakukan tukar pikiran untuk mencari solusinya," ujar Emil.

Dimulai dengan pertemuan itu, Emil mengharapkan kerja sama antara Slowakia dan Jatim terus berkembang. Membangun persahabatan dengan Slowakia, menurut dia akan menjadi pintu masuk Jawa Timur ke Eropa.

"Kerja sama ini perlu dibangun secara bertahap. Karena kerja sama dengan Slowakia bisa menjadi jalan untuk kerja sama ke negara-negara lain," tutur Emil.

Selain di bidang perindustrian, Slowakia sedang mengembangkan Teknologi Informasi (TI). Hal itu terutama di bidang computer engineering. Emil Dardak menuturkan, pihaknya akan mengkomunikasikan pertemuan lanjutan dengan Dubes Slowakia.

Dubes Slowakia, Jaroslav Chlebo memberi sinyal positif tentang kerja sama di berbagai aspek dengan Jawa Timur. "Dimulai dari persahabatan, akan terjalin kerja sama yang lain," kata dia.

Sebelumnya, Cheblo sempat ikuti Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019.

2 dari 3 halaman

Bertemu dengan Presiden Direktur Mitsubishi Indonesia

Sebelumnya, Emil Dardak juga bertemu dengan Presiden Direktur Mitsubishi Indonesia di Kediaman Konjen Jepang di Surabaya.

Dalam akun instagram @emildardak, ia menulis kalau Jepang merupakan salah satu investor terbesar di Jawa Timur. "Kami menganut prinsip, cara terbaik mendatangkan investor adalah dengan membuat investor yang sudah ada merasa puas," tulis dia.

Ia menuturkan, menindaklanjuti kunjungan ke Osaka, Jepang, dirinya membahas bersama Konjen Jepang rencana tindak lanjut pembentukan Monodzukuri Business Information Center (Mobio) di Jatim. Hal ini sebagaimana yang sudah dibangun di Osaka sebagai pusat inkubasi industri kecil dan menengah berbasis Iptek.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura
Artikel Selanjutnya
Alasan Universitas Airlangga Buka Fakultas Teknik pada 2020