Sukses

Pilihan Warung Makan Kikil di Surabaya, Yuk Cicipi

Olahan kikil yang merupakan makanan khas dari Surabaya yaitu sup kikil.

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya, Jawa Timur kaya kuliner. Berbagai makanan dapat ditemui di kota Pahlawan ini. Bila Anda sedang bosan makan berbahan nasi, sayur-sayuran, mungkin kikil bisa jadi pilihan.

Kikil bisa diolah menjadi beragam menu masakan, salah satu menu kikil itu ternyata adalah makanan khas dari Surabaya, Jawa Timur.

Makanan khas Surabaya yang terbuat dari kikil ada sup kikil, merupakan sup kaya kari yang biasanya disajikan bersama lontong ataupun nasi. Liputan6.com mengutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol berikut ini:

1. Kikil Kambing Istimewa Abah Subchi

Lokasinya di Jalan Simolawang Baru

Buka setiap hari, mulai pukul 17.30 – 20.30 WIB

Warung kikil kambing ini dimulai oleh Bapak Abdul Jawad pada 1966, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Subchi, lalu saat ini diteruskan oleh Bapak Sueb. Kikil ini berasal dari daerah Boto Putih, Surabaya.

2. Kikil Sapi Ria Cak Ratno

Berada di Stand No.10, Jalan Embong Belimbing

Buka setiap hari, mulai pukul 10.00 – 24.00 WIB

Nama 'Ria' melekat pada warung ini, karena lokasi pertama kali Cak Ratno berjualan yaitu  di dekat Bioskop Ria di Jalan Kombespol M. Duryat pada 1950-an. Kemudian pindah ke Jalan Embong, warung ini menyediakan menu kikil sapi, nasi putih, lontong, sate klopo, dan sup pedas.

3. Lontong Kikil Bu Sugeng

Tempatnya ada di Jalan Ngagel No.143 (setelah Carrefour Ngagel)

Buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 04.00-08.00

Kedai ini berdiri pada 1952. Kedai yang menyediakan menu kikil yang dipadu bersama nasi/lontong dan tulang sumsum, selain itu ada makanan lontong sayur. Kikil sapi disini menjadi favorit pengunjung.

Kedai dan tempat makan kikil tersebut bisa menjadi pilihan Anda untuk mencoba kikil khas Surabaya yang disukai oleh masyarakat setempat. Bagi pecinta kikil, jangan ragu untuk menyerbunya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.