Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Kembali Hadir Akhir Pekan Ini di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur akan menggelar dua kegiatan menyambut akhir pekan ini. Salah satunya acara Mlaku-Mlaku Tunjungan yang kembali hadir pada Sabtu (3/8/2019).

Acara Mlaku-Mlaku Nan Tunjungan merupakan festival kuliner dan kerajinan tangan. Acara ini akan diramaikan 240 usaha kecil menengah (UKM). Kegiatan ini digelar pada pukul 16.00-21.30 WIB di sepanjang Jalan Tunjungan, Surabaya.

Kepala Pengembangan Destinasi Pariwisata Surabaya, S.Nursyamsiah menuturkan, kegiatan Mlaku-Mlaku Nangtunjungan kali ini dimeriahkan dua panggung. Ada panggung utama dan panggung tambahan di depan Hotel Majapahit.

"Panggung tersebut akan menampilkan campursari dan karawitan hasil pelatihan rumah kreatif," ujar Nursyamsiah saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Sabtu (3/8/2019).

Acara tersebut akan dimeriahkan orkes keronconk liwet, fusion jazz community, princess band dan sanggar alang-alang. Diharapkan acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Surabaya dan mengembangkan UMKM.

2 dari 3 halaman

Sambut Ribuan Peserta Surabaya Marathon 2019

Acara Mlaku-Mlau Nang Tunjungan ini juga dalam rangka menyambut peserta Surabaya Marathon 2019.

Kepala Dinas Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan merupakan agenda rutin yang digelar Pemerintah Kota Surabaya.

"Namun ada yang berbeda pada acara yang diadakan pekan ini, sebab selain untuk menghibur warga Surabaya, acara ini sekaligus menyambut kedatangan peserta Surabaya Marathon yang berlangsung pada Minggu 4 Agustus 2019," kata dia, seperti dilansir Antara, Jumat, 2 Agustus 2019.

Diperkirakan, lanjut dia, peserta Surabaya Marathon dari luar Surabaya sudah tiba di Surabaya pada Sabtu, 3 Agustus 2019. "Jadi mereka sebelum mengikuti lomba lari bisa hadir di acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan," ujar dia.

Ia menuturkan, 270 stan pelaku usaha kreatif kuliner dan kerajinan di Surabaya akan berpartisipasi pada acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pekan ini. Mereka terdiri atas Pahlawan Ekonomi, Dekranasda, UKM Dinas Koperasi, UKM Dolly, UKM Dinas Perdagangan, dan UKM Kampung Lawas Maspati.

Dia menuturkan, para peserta Surabaya Marathon tidak hanya dimanjakan dengan berbagai macam kuliner tradisional khas Surabaya, melainkan juga akan dihibur dengan iringan musik yang dibawakan beberapa grup seniman lokal asal Surabaya.

"Nanti pengunjung juga akan dimanjakan dengan penampilan dari anak-anak kreatif yang biasa berlatih di Balai Pemuda," ujar dia.

Keunikan lain dari acara pekan ini dibandingkan dengan sebelumnya adalah kehadiran peserta Asia Pasific Hospice and Palliative Care Conference (APHC) 2019 yang menyelenggarakan kegiatan Kongres Paliatif Internasional di Surabaya. Kongres paliatif itu akan diadakan selama empat hari, 1-4 Agustus 2019, dan diikuti ahli-ahli paliatif dari berbagai mancanegara.

"Jadi selain bertujuan untuk menghibur warga Surabaya, acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pekan ini sekaligus menyambut kedatangan peserta Surabaya Marathon dan APHC 2019," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura