Sukses

Tak Hanya Percantik Jalan di Surabaya, Ini Kelebihan Lain Bunga Tabebuya

Liputan6.com, Jakarta - Pohon Tabebuya kembali mekar di Surabaya, Jawa Timur. Mekarnya Bunga Tabebuya ini mempercantik Kota Pahlawan.

Beragam warna Bunga Tabebuya menghiasi jalan di Surabaya. Ada Bunga Tabebuya berwarna kuning, merah muda, peach, dan lainnya. Biasanya Bunga Tabebuya mekar pada Oktober-November. Namun, pada 2019, Bunga Tabebuya mekar lebih awal.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Surabaya, M.Fikser mengatakan, sempat ada hujan di Surabaya membuat Bunga Tabebuya mulai bermekaran. Pemkot Surabaya menanam bibit Pohon Tabebuya sejak 2010 ketika Wali Kota Tri Rismaharini menjabat sebagai Kepala Dinas dan Kebersihan Kota Surabaya. Saat itu, penanaman Pohon Tabebuya belum terlalu banyak.

Setelah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Risma pun mempercantik Surabaya dengan menanam Pohon Tabebuya di sudut dan jalan di Surabaya.

"Bu Risma jadi wali kota makin banyak tanam Pohon Tabebuya. Di wilayah Surabaya ditanam bunga tersebut untuk mempercantik Surabaya," ujar dia.

Berikut manfaat dari Pohon Tabebuya, seperti dikutip dari @surabaya:

2 dari 7 halaman

Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya merupakan singkatan dari ‘tacyba bebuya’ atau yang berarti semut kayu dalam Bahasa Brazil.

3 dari 7 halaman

Mirip Bunga Sakura

Pohon Tabebuya adalah tanaman yang masuk dalam kategori pohon besar yang berasal dari Brazil dan memiliki kemiripan dengan tanaman sakura meski tidak berkerabat.

4 dari 7 halaman

Habitat Asli dari Daerah Iklim Kering

Habitas asli pohon ini berasal dari daerah iklim kering sehingga mempunyai daya tahan hidup yang tinggi dan cocok tumbuh di negara subtropics dan tropis.

Bunga dari Pohon Tabebuya berbentuk terompet dan memiliki berbagai jenis warna seperti putih, kuning, merah muda, magenta, plum dan merah.

5 dari 7 halaman

Manfaat Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya menjadi pohon pelindung, membuat udara lebih bersih yang juga dapat menjadi pupuk dan sekaligus menjadi tanaman hias. Daun yang tidak mudah rontok, ramah lingkungan dan terlihat indah karena lebat ketika berbunga juga menjadi kelebihan dari pohon ini.

6 dari 7 halaman

Sembuhkan Flu

Selain bermanfaat bagi lingkungan, Pohon Tabebuya juga dapat mengobati flu dan melawan penyakit malaria. Selain itu, keberadaan Pohon Tabebuya ini juga meningkatkan jumlah wisatawan datang berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Pohon Zaitun Tumbuh di Surabaya, Simak 5 Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
RSUD Dr Soetomo Surabaya Bakal Bentuk Yayasan Khusus Bayi Kembar Siam