Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Listrik Padam di Jakarta dan Sekitarnya, Surabaya Masih Aman

Liputan6.com, Jakarta - Listrik di sejumlah wilayah Jakarta  hingga Bandung, Jawa Barat padam pada Minggu (4/8/2019). Meski demikian, di Surabaya, Jawa Timur, listrik masih aman.

"Aman jaya (di Surabaya-red),” ujar Pengamat Komunikasi Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo saat dihubungi Liputan6.com.

Hal sama dikatakan Humas Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Indah."Surabaya masih baik-baik saja so far,” kata Indah.

Sebelumnya, aliran listrik di Jakarta dan sekitarnya padam kurang lebih sejak pukul 12.00 WIB. Mengutip kanal bisnis Liputan6.com, Shinta, salah satu warga di Tangerang Selatan mengatakan bahwa listrik di rumahnya mulai mati sekitar pukul 11.55 WIB. Hingga pukul 12.20 WIB, listrik belum juga menyala.

Hal yang sama juga dialami oleh Bawono yang tinggal di Setiabudi, Jakarta. lisrik mulai padam sekitar pukuol 12.00 WIb WIB dan sampai saat ini belum menyala kembali.

Idris, warga Tebet Jakarta Selatan pun juga mengalami mati lampu. "Dari jam 12.00-an tadi, Sampai sekarang belum menyala juga," ujar dia.

PT PLN (Persero) menyatakan bahwa mati lampu atau listrik padam  di Jakarta dan sekitarnya terjadi akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Gangguan tersebut mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan"kata Made, dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2019).

Selain itu terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah Area Jawa Barat.

"sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat listrik padam ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," ujar Made.

Pengaturan penormalan dilakukan dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura