Sukses

Melahap Sop Buntut Legendaris Depot Sari di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang berada di Surabaya, Jawa Timur? Kangen cicipi sop buntut? Jangan perlu khawatir. Di Surabaya, Anda dapat menemukan berbagai macam pilihan makanan termasuk sop buntut.

Ada sejumlah pilihan tempat makan untuk menikmati sop buntut di Kota Pahlawan ini. Ingin tahu di mana saja? Berikut liputan6.com kutip dari buku food report Surabaya, by Surabaya Food Patrol:

1.Depot Anda Fit

Tempat makan ini buka pukul 06.00-21.00

Alamatnya dapat ditemui di Jalan Walikota Mustajab Nomor 74

Seperti dikutip dari buku Food Report, Surabaya, sop ini memiliki paduan cita rasa dan aroma yang seimbang.

2. Depot Sari

Tempat makan ini buka pukul 07.00-17.00 pada Senin hingga Sabtu. Sedangkan Minggu buka pukul 07.00-15.00.

Alamatnya di Jalan Karet Nomor 112

Depot sari adalah salah satu tempat makan sop yang paling legendaris di Surabaya. Tempat makan ini berdiri pada 1930. Tempat  makan ini dikelola generasi ketiga yaitu Bapak Hanny. Ia pun menceritakan susah payah kakek neneknya yang memutuskan untuk memulai usaha di bidang kuliner setelah datang merantau dari China dan sempat bekerja di pabrik rokok.

Depot sari ini disebutkan salah satu tempat makan yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Surabaya.

3.Sop Buntut Gelora Pancasila

Tempat makan ini buka pukul 09.30-00.00

Sop buntut ini memiliki aroma kayu manis yang unik. Seperti ditulis penulis buku food report Surabaya, porsi sop buntut ini cukup besar untuk dinikmati berdua.

Jadi siap memburu sop buntut di Surabaya?

2 dari 3 halaman

Pedasnya Sego Sambel Khas Surabaya

Sego sambel menjadi salah satu makanan khas Surabaya, Jawa Timur yang memiliki cita rasa pedasnya. Makanan yang terdiri dari nasi, cabai, dan berbagai lauk pauk.

Nasinya di sajikan di atas piring, lalu atasnya di tambahkan lauk telur dadar, kedelai goreng, tempe, tahu, ayam, atau daging. Semuanya itu kemudian dioleskan sambal diatasnya.

Tidak sedikit warung di Surabaya yang menghidangkan menu sego sambel. Seperti yang Liputan6.com kutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol.  

1.Sego Sambel Yeye

Berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No.12

Buka setiap hari, mulai pukul 22.00 – 03.30 WIB

Warung ini dimiliki Ibu Supriyani atau biasa di sapa Mak Yeye. Ia mulai berjualan sego sambel pada 1982 di Pasar Wonokromo, pada saat itu ia hanya dapat menjual dua sampai lima kilo nasi per harinya.

Namun, berkat kerja kerasnya, Mak Yeye berhasil membuat bisnis sego sambelnya semakin meningkat. Warung Mak Yeye menawarkan menu sego sambel yang di padu dengan telur dadar, tempe goreng, ikan pe, dan ayam goreng.

2. Waroeng Jangkrik

Lokasinya di Jalan Raya Jemursari No.107  di Surabaya

Buka setiap hari, mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

Menyediakan menu sego sambel, sego jangkrik, sego pecel jangkrik, sego obong sapi, ada juga lauk pauk seperti ikan tongkol, ayam goreng tepung, telur dadar, kerupuk, tempe goreng, bebek goreng, ketan susu cokelat keju, mie goreng, ikan pe, pentol bakar, pitik kremes, sego gobyos ayam, sayur asem, dan nasi goreng.

Beberapa pilihan warung makan sego sambel di atas, bisa Anda jadikan patokan bagaimana nikmatnya sego sambel khas Surabaya. 

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Pohon Zaitun Tumbuh di Surabaya, Simak 5 Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
RSUD Dr Soetomo Surabaya Bakal Bentuk Yayasan Khusus Bayi Kembar Siam