Sukses

Menikmati Gurihnya Sop Iga Sapi di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Di Surabaya, Jawa Timur, penuh dengan variasi kuliner berkuah. Ada sejumlah makanan yang berkuah antara lain ada sop iga sapi, sop kaki kambing, dan sop kaki sapi.

Tiga makanan berkuah itu memiliki sajian yang berbeda-beda. Sop iga sapi sangat mirip dengan sop buntut. Sop iga sapi biasanya terdiri dari iga, kentang, wortel, dan kaldu bening, sop ini biasa di makan bersama nasi putih dan sambal.

Sop kaki kambing dan sop kaki sapi memang masakan Betawi, tetapi varian umum yang biasa dijual di Surabaya adalah sup yang kaya dengan kelapa atau di tambahkan dengan susu kelapa. Berikut ini, Liputan6.com mengutip dari Buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol.

1) Cafe Garden Central Sup Iga

Lokasinya di Jalan Mojopahit No.58

Buka setiap hari, mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB

Menyediakan menu sop iga sapi, iga bakar penyet, iga goreng penyet, soto iga, ayam goreng, bebek goreng, rawon, rujak cingur sop buntut, nasi campur, empal, dan ikan gurame.

2) Desa Cafe Masakan Surabaya Asli

Berada di Jalan Kutai No.29

Buka setiap hari, mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB

Warung ini menawarkan makanan sop iga bakar, sop iga goreng, rawon, soto, nasi urap, ayam bakar, bebek penyet, pecel, empal suwir, gurame goreng, nasi krengsengan, telor, tempe, tahu goreng.

3) Sop Kaki Kambing dan Sapi Bang Oya

Lokasinya di Jalan Kedungkoro No.107 (depan Indomaret)

Buka setiap hari, mulai pukul 17.30 – 23.00 WIB

Bapak Oya Sudarsono memulai bisnis ini pada 1981. Hal itu bermula dari kegemarannya makan sop kaki kambing. Dalam mengolah hidangan sop tersebut, Pak Oya terlebih dahulu menyikat kaki kambing sampai bersih, lalu merebusnya hingga 2-3 kali dalam air. Setelah itu, kemudian memasaknya hingga benar-benar empuk.

4) Sop Kaki Sapi H. Munir

Berada di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya

Buka setiap hari, mulai pukul 17.00 – 24.00 WIB

Sop kaki kambing di sini kuahnya memiliki aroma sedap dari kaldu dan jeruk limau, sehingga kuahnya cenderung mirip dengan kuah kari.

Di antara sop iga sapi, sop kaki kambing, dan sop kaki sapi, sop mana yang menjadi kesukaan Anda?

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 dari 3 halaman

Menikmati Nasi Krawu di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Trio Jatim Raih Juara Satu Kompetisi Robotik Madrasah 2019 di Surabaya
Artikel Selanjutnya
Wakil Wali Kota Surabaya Ingin Libatkan Anak Muda Bangun Kota Pahlawan