Sukses

Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean Gresik

Jarang dikunjungi dan masih asri.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik.

Meskipun terkenal dengan beragam industri yang ada dikabupaten tersebut, Gresik juga mempunyai beragam tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Salah satu tempat menarik yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gresik adalah Pulau Bawean.

Tidak banyak yang tahu tentang Pulau Bawean, meski tidak seterkenal pulau Karimun namun pesona Pulau Bawean tidak kalah keren. Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya.

Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 spot wisata menarik di Pulau Bawean Gresik yang jarang diketahui, Senin (5/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Danau Kastoba

Danau ini terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak berada di puncak ketinggian dan berada di tengah-tengah Pulau Bawean. Untuk menikmati keindahan dan pesona danau ini dapat dicapai dengan berjalan kaki. Di tempat ini terdapat spesies satwa langka aneka serangga yang takkan mungkin sama jenisnya dengan serangga di pelosok negeri.

Hamparan air tawar yang ada di danau ini banyak dihuni oleh ikan mujair species khas air tawar. Lokasi ini mempunyai daya tarik luar biasa dan sulit dibandingkan dengan obyek wisata lainnya dan merupakan kenyamanan tersendiri bagi para pecinta alam.

3 dari 6 halaman

2. Pulau Gili Noko

Pulau kecil dengan hamparan pasir putihnya serta tanaman kecil hijau yang merata ditengah akan membuat para pengunjungnya terpikat akan keindahannya. Air lautnya yang yang bersih dan berwarna biru muda ini sering digunakan pengunjung untuk bermain air.

4 dari 6 halaman

3. Pantai Pulau Cina

Pesona alam bawah laut terkenal sangat indah akan terumbu karangnya yang menurut salah satu hasil tim penelitian IPB dan Unibraw merupakan jenis terumbu karang kualitas unggul di dunia. Pesona alam bawah laut ini biasanya dapat di nikmati di perairan pulau Cina.

Pantai pulau ini terletak Desa Teluk Jati Dawang Kecamatan Tambak  dan pulau Gili Bawean. Wisatawan dapat menikmatinya dari atas permukaan laut dengan naik perahu maupun langsung di dalam air dengan snorkeling dan diving.

5 dari 6 halaman

4. Air Terjun Laccar

Air terjun Laccar berada di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam Kecamatan Sangkapura. Sekitar 15 KM dari pusat Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini memiliki ketinggian 25M dengan latar belakang tebing yang artistik. Air Terjun Laccar merupakan salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi karena akses menuju destinasi wisata ini tergolong mudah.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Dengan menyusuri jalan setapak sekitar 15 menit, wisatawan dapat menikmati air terjun tertinggi di Bawean ini.

6 dari 6 halaman

5. Penangkaran Rusa Bawean

Pada awalnya penangkaran ini adalah milik pribadi masyarakat Bawean yang peduli dengan satwa-satwa liar yang ada di Bawean. Namun, pemerintah Gresik membeli lahan tersebut dan pengelola penangkaran tersebut. Selain rusa, memang terdapat banyak satwa lain khas endemik Pulau Bawean.

 Seperti Babi kutil, Babi Bagong, Babi Jawa. Khusus Babi kutil, menurut International Union for Concervation of Nature (UCN) adalah spesial babi terlangka didunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.