Sukses

Pecel Semanggi, Makanan Khas Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Pecel semanggi merupakan makanan yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Hidangan ini terbuat dari daun semanggi yang diolah menjadi makanan enak yang wajib di konsumsi ketika sedang berada di Surabaya.

Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal. Makanan ini biasa di sajikan dengan alas daun pisang.

Mengutip berbagai sumber, tiap-tiap daerah di Jawa Timur memang mengenal kuliner pecel semanggi, tetapi sambalnya mempunyai cita rasa yang berbeda. Sambal pecel semanggi dari Surabaya lebih manis ketimbang sambal pecel semanggi dari Pasuruan.

Mengutip dari Buku Travelicious, Jalan Hemat, Jajan Nikmat Karangan Ariyanto, untuk menemukan pecel semanggi ini tidak begitu mudah, meskipun ada sebagian tempat makan yang memajang menu pecel semanggi, tetapi mereka tidak benar-benar menyediakannya.

Mungkin hal itu karena tidak semua orang tahu dan mengenal makanan ini, sehingga permintaannya sedikit. Oleh karena itu, jarang ada pedagang yang menjual pecel semanggi ini.

Anda bisa menemukan pecel semanggi di beberapa tempat makan di Surabaya, antara lain di Jalan Diponegoro No.56, Jalan Gembong 20-30, dan di Surabaya Plaza Hotel. Harga pecel semanggi juga termasuk relatif terjangkau.

Selanjutnya, apakah Anda tahu kalau pecel semanggi ternyata mempunyai sebuah manfaat lain loh. Manfaatnya yaitu sebagai obat yang mampu menyangkal penyakit osteoporosis.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 dari 3 halaman

Menikmati Nasi Krawu di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini