Sukses

5 Wisata Kediri yang Paling Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa dan juga memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Tak hanya dipadati penduduk, Jawa Timur juga menyajikan tempat-tempat yang wajib dikunjungi. 

Salah satu kota di Jawa Timur yang punya daya tarik tersendiri yaitu kota Kediri. Kota ini terletak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang berdasarkan data jumlah penduduk.

Kota yang dikenal pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia ini punya obyek wisata yang tak kalah dengan kota besar lainnya. Di Kediri, banyak lokasi yang bisa jadi tempat berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (6/8/2019) berikut ini 5 lokasi wisata di Kediri, Jawa Timur yang bisa jadi pilihanmu saat berkunjung. 

2 dari 6 halaman

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Siapa yang tak kenal dengan lokasi satu ini. Tempat wisata di Kediri yang jadi tempat wisata kekinian bagi anak remaja ini bisa kamu jadikan tempat yang wajib dikunjungi. Monumen Simpang Lima Gumul menjadi tempat wisata di Kediri yang telah diresmikan pada tahun 2008 silam.

Daya tarik tempat wisata ini karena bangunannya yang mirip dengan Arc de triomphe di Paris, Prancis. Monumen Simpang Lima Gumul berada di lokasi Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

3 dari 6 halaman

2. Crop Circle

Ketika mendengar istilah corp circle, kebanyakan orang akan terpikir alien dan UFO. Namun di Kediri, ini adalah lokasi wisata terbaru. Crop circle muncul jadi obyek wisata baru di Desa Kedung Malang, Papar, Kediri, Jawa Timur. 

Crop circle itu memang buatan para petani setempat. Ada yang ditata mirip lambang Kementerian Pertanian, ada pula yang menampilkan bentuk hati disertai tulisan cettar yang jadi jargon Syahrini.  

Crop circle ini berdiri di atas lahan seluas 2,1 hektare di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Dibuat oleh kelompok tani (Poktan) setempat, crop circle ini dipilih karena dirasa bisa mengangkat daya tarik dan pamor desa-desa yang memiliki kekayaan sumber daya alam di bidang pertanian. 

4 dari 6 halaman

3. Gunung Kelud

Bagi pecinta wisata alam, tak perlu khawatir karena Kediri juga punya tujuan wisata yang menghadirkan keindahan alam yang menakjubkan. Lokasi terkenal ini adalah wisata Gunung Kelud.

Tak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup membayar tiket masuknya seharga Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 10 ribu di akhir pekan. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati wisata off road di lereng Gunung Kelud menggunakan jeep adventure.

Masih di lokasi kawasan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati Taman Durian dan Taman Agrowisata yang memiliki banyak tanaman langka yang dirawat dengan baik. Tempat tersebut disediakan sebagai tempat wisata dan juga ruang edukasi bagi para pecinta durian, lho. 

5 dari 6 halaman

4. Goa Selomangkleng

Berada di kawasan Keluarahan Pojok, kecamatan Mojoroto, lokasi ini memiliki nuansa alam yang indah. Tempat ini bernama Goa Selomangkleng. Tempat wisata goa tersebut telah banyak mengalami perkembangan dan perbaikan sehingga Goa Selomangkleng bisa jadi tempat wisata di Kediri yang ingin wajib dikunjungi.

Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata di Kediri ini sejak pukul 7.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiketnya pun tak dipatok sangat terjangkau. Tiket dewasa dipatok Rp 4 ribu dan kategori anak hanya Rp 2 ribu saja. Dengan harga yang murah, para pengunjung sudah bisa menikmati Goa Selomangkleng yang konon katanya adalah tempat pertapaan Putri Mahkota Raja Airlangga, Dewi Kili Suci (Sanggramawijaya Tungga Dewi).

6 dari 6 halaman

5. Hutan Pinus Kediri

Tempat wisata di Kediri yang asyik buat anak remaja bisa jadi ini tempatnya. Hutan Pinus Kediri yang berada di lokasi Dusun Plapar Desa Selopanggung, kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini jadi tempat yang cocok untuk kumpul bersama teman-teman maupun keluarga.

Tak hanya menawarkan keindahan pohon pinus, di tempat ini juga terdapat berbagai tempat yang menyediakan makanan dan minuman sebagai teman untuk bersantai. Pesona alam yang indah dan suasana sejuk, tempat ini bisa jadi spot foto-foto bagi pengunjung yang gemar mengambil gambar.