Sukses

5 Tempat Ibadah di Jawa Timur dengan Arsitektur Unik dan Mengagumkan

Liputan6.com, Jakarta Media sosial yang berkembang pesat membuat para wisatawan saat ini tak hanya menikmati suasana tempat wisata saja. Wisatawan juga mengincar tempat wisata yang dapat menyuguhkan suasana menyenangkan, dan juga memiliki pemandangan yang memesona untuk diabadikan dan diunggah ke media sosial.

Berkunjung ke daerah Jawa Timur, ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah tempat ibadah sebagai wisata religi. Sejumlah tempat ibadah di Jawa Timur diketahui menjadi destinasi wisata yang mempunyai desain arsitektur unik dan indah.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, beberapa lokasi di Jawa Timur ini wajib kamu kunjungi untuk wisata religi. Apa saja dan di mana saja lokasi tempat ibadah di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi, berikut telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2019). 

2 dari 6 halaman

1. Gereja Pohsarang, Kediri

Gereja Katolik Roma yang terletak di lereng Gunung wilis ini dibangun pada tahun 1936. Suasana sejuk pegunungan membuat betah para pengunjung dan ingin berlama-lama di Gereja Pohsarang. Bangunan gereja ini terinspirasi dari gaya arsitektur Majapahit dan dikombinasikan dengan gaya dari daerah lain yang memiliki nilai-nilai Kristiani.

Selain itu, material bangunan gereja ini bersumber dari kekayaan alam. Di Lokasi yang sama juga terdapat Goa Maria yang terinspirasi dari Goa Maria Lourdes di Perancis.

3 dari 6 halaman

2. Masjid Tiban, Malang

Tak hanya wisata alam, Malang juga menyuguhkan wisata tempat ibadah yang wajib dikunjungi. Salah satunya, Masjid Tiban yang berlokasi di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid ini memiliki desain arsitektur mengagumkan.

Tempat ibadah ini diketahui menerapkan gaya bangunan Khas Timur Tengah. Hal tersebut dapat dilihat dari bangunan menara masjid yang begitu tinggi serta kubah yang dihiasi dengan beragam warna cantik. Di Masjid Tiban, wisatawan juga dapat mengabadikan foto cantik kemudian diunggah ke media sosial.

4 dari 6 halaman

3. Klenteng Sanggar Agung, Surabaya

Klenteng Sanggar Agung terletak di Jalan Sukolilo, Pantai Ria Kenjeren, Surabaya. Tempat ibadah ini menyuguhkan sejumlah spot dengan panorama indah. Tak heran jika wisatawan sering meluangkan waktu santai di sekitar sini dengan mengabadikan foto.

Selain itu, Bangunan Klenteng Sanggar Agung sudah menjadi tempat beribadah pemeluk Tridarma sejak tahun 1999.

Di area Klenteng Sanggar Agung, wisatawan juga dapat menemukan patung Dewi Kwan Im. Patung dengan tinggi sekitar 20 meter tersebut berlokasi di pinggir klenteng dengan posisi menghadap ke arah laut. Tempat ini bisa dijadikan pilihan wisatawan yang ingin menikmati suasana ibadah penuh khidmat sembari berlibur.

5 dari 6 halaman

4. Pura Mandara Giri, Lumajang

Pura Mandaragiri Semeru Agung Lumajang berada di Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Pura Mandaragiri Semeru Agung memiliki pesona keindahan.

Struktur dan komponen-komponen arsitekturnya mengikuti gaya arsitektur pura-pura di Bali, yaitu arsitektur tradisional Bali yang masih mengikuti gaya zaman kerajaan. Ketika kamu berkunjung ke sini akan merasakan suasana berlibur di Pulau Dewata. Pura ini juga memiliki beberapa spot foto yang layak diabadikan dalam kamera.

6 dari 6 halaman

5. Patung Budha Tidur, Mojokerto

Indonesia juga memiliki patung Budha tidur seperti yang ada di Thailand. Patung Budha Tidur bisa kamu temui di Maha Vihara Mojopahit, Trowilan, Mojokerto.

Patung berwarna keemasan ini diketahui juga dinobatkan sebagai patung Budha terbesar ketiga di dunia. Tak heran, jika patung ini terus menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim