Sukses

Intip Harga Hewan Kurban di Gresik

Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Jawa Timur memaparkan sejumlah daftar harga hewan kurban kambing hingga sapi dengan harga kisaran mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 70 juta.

Liputan6.com, Gresik - Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Jawa Timur memaparkan sejumlah daftar harga hewan kurban kambing hingga sapi dengan harga kisaran mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 70 juta. 

"Tanyakan hewan kurban sudah poel. Karena hal ini penting karena sebagai syarat sahnya hewan sebagai kurban. Tanda ternak sudah poel yaitu tumbuhnya 2 gigi depan permanen. Untuk umur ternak poel biasanya untuk kambing berumur 1 tahun dan sapi 2 tahun," tutur Kepala Dinas Pertanian Gresik, Eko Anindito Putro usai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah tempat di Gresik, Kamis (8/8/2019).

Pemeriksaan yang dilakukan sejak Senin 5 Agustus 2019, Dinas Pertanian telah menerjunkan beberapa petugas. Ada sembilan orang dokter hewan serta 10 petugas peternakan yang memeriksa beberapa tempat penjualan hewan kurban yang tersebar di seluruh wilayah Gresik.

Dinas Pertanian telah memeriksa sebanyak 313 ekor sapi, 2.123 kambing dan 90 ekor domba. Pemeriksaan ini akan dilakukan sampai H+3.

"Ada 2 tahap pemeriksaan yaitu pemeriksaan antemortem yaitu pemeriksaan sebelum hewan disembelih. Seperti yang kami lakukan saat ini. Sedangkan selanjutnya pemeriksaan post mortem. Pemeriksaan ini dilaksanakan saat penyembelihan hewan kurban," ujar Eko.

Eko menambahkan, petugas memeriksa kesehatan daging serta organ jeroan. Dari hasil pemeriksaan tersebut dapat diketahui akan kelayakan daging hewan kurban ini dibagikan dan dikonsumsi. Saat pemeriksaan ante mortem yang dilakukan saat ini, Eko mengaku belum menemukan sesuatu yang membahayakan.

"Paling cuma sakit mata yang kami obati seketika serta saya tinggali obat kepada penjualnya. Yang banyak kami memberikan suntikan vitamin untuk sapi yang lemas dan kurang nafsu makan. Untuk beberapa hewan ternak yang dijajakan ternyata belum poel dan belum memenuhi syarat untuk dibuat kurban. Kami menyarankan untuk tidak dijual. Untuk tempat penjual hewan qurban yang sudah kami periksa, akan diberi keterangan kesehatan hewan kurban," ujar dia.

Terkait harga jual, menurut Eko, harga rata-rata kambing ternak di kisaran Rp 2,5 juta–Rp 4,5 juta, tapi ada juga kambing yang harganya sampai Rp 9 juta. Sedangkan harga sapi ada yang sampai Rp 70 juta di tempat penjualan Perumahan Pondok Permata Suci (PPS) dan sudah laku. Namun, demikian ada sapi yang seharga Rp 15 juta yaitu sapi madura.

"Memang, dibanding tahun lalu tempat penjualan ternak kurban tahun ini menurun. Penurunan ini karena sudah terbatasnya lahan kosong di wilayah Gresik perkotaan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Pilih Hewan Kurban

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Venteriner  Devi Kartikasari memberi tips lebih dalam terkait memilih hewan kurban yang sehat. Konsumen mesti melihat bulunya bersih dan tidak kusam, lincah, nafsu makan baik, suhu tubuh normal, lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga dan anus) bersih dan normal.

Tidak cacat (pincang), tidak buta, dan tidak mengalami kerusakan telinga. Jantan dan tidak dikebiri serta Testis atau buah zakar lengkap ada 2 dan simetris (sama).  

"Kami juga menyarankan agar membeli hewan ternak yang memang berasal dari Gresik atau dari Jawa Timur. Karena selama ini Gresik dan Jawa Timur adalah daerah yang bebas anthrax," kata dia.

Pihak Dinas Pertanian Gresik menyatakan siap membantu masyarakat untuk memberikan konsultasi dalam memilih hewan ternak kurban yang sehat dan sesuai. Bahkan Dinas Pertanian juga siap membantu masyarakat untuk melakukan pemeriksaan post mortem di lokasi penyembelihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.