Sukses

PLN Tebang Ratusan Pohon Jati hingga Sengon di Jalur Paiton Probolinggo

Manajemen PT PLN (Persero) Unit induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) melaksanakan kegiatan grebek row pada jalur transmisi SUTET 500 KV di Probolinggo.

Liputan6.com, Surabaya - Manajemen PT PLN (Persero) Unit induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) melaksanakan kegiatan grebek row pada jalur transmisi SUTET 500 KV di Desa Semendi, Tongas, Probolinggo, Kamis 8 Agustus 2019.

Jalur transmisi tersebut merupakan salah satu dari titik temu dua jalur transmisi SUTET 500 KV, yakni sebelah kanan adalah jalur Paiton ke Grati sedangkan sebelah kiri adalah jalur Paiton ke Kediri. 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisl Jaw Bagian Timur dan Bali, Suroso menuturkan, kegiatan tersebut merupakan grebek row yang bertujuan memotong pohon dengan jumlah yang besar yang berisiko tinggi menyentuh jaringan SUTET yang tumbuh di bawah jalur SUTET dan mengamankan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). 

"Pemotongan pohon kayu baik Jati, sengon dan pohon berkayu lainnya dilakukan dalam jumlah besar mengingat jika dibiarkan tumbuh di bawah jalur transmisi SUTET 500 KV, akan mengganggu kearnanan pasokan listrik dari Pembangkit menuju Distribusi Tegangan Menengah," tutur Suroso, Jumat, 9 Agustus 2019.

Sementara itu, Senior Manager Pemeliharaan, Tejo Wihardiyono serta Manager Unit Pelaksana Teknis (UPT) Probolinggo PLN, Hendrik Maryono mengapresiasi masyarakat yang merelakan pohonnya ditebang.

"Yang kita lakukan hari ini adalah melakukan pemotongan pohon dalam jumlah besar, karena jika dibiarkan tumbuh lama kelamaan akan mengganggu jalur listrik kita karena inl persis di bawah SUTET 500 KV," kata dia.

"Pertama yang kita hargai adalah kesadaran warga masyarakat di sekitar sutet akan bahaya tenaga listrik, dan akhirnya warga merelakan dengan tulus ikhlas pohonnya dipotong bahkan pohan jati, bahkan yang sudah ditanam lama tanpa keberatan dipotong," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Apresiasi juga disampaikan oleh manajemen PLN UIT JBTB kepada rekan-rekan UPT Prabolinggo yang telah mendekati dan kerja sama yang baik dalam mengedukasi warga pentingnya mengamankan pasokan tenaga listrik sehingga semua bertindak dalam satu visi.

"Harus diakui hal ini bukan hal yang mudah, membutuhkan pengetahuan tentang kelistrikan yang memadai yang bisa disampaikan pada masyarakat umum. kemampuan negosiasi pada warga, kemampuan melakukan edukasi serta kemampuan untuk melakukan pengecekan secara rutin terhadap row di wilayah masing-masing," ujarnya.

Pohon yang ditebang sekitar 230 pohon yang merupakan sebagian dari yang telah dilakukan sebelumnya  dan tidak hanya di lokasi ini saja tapi dilakukan di lokasi lain pula. 

Manajemen PLN UIT JBTB mengapresiasi masyarakat atas kerjasama yang baik, dukungannya untuk mengamankan pasokan listrik ini. "Kita sebagai keluarga PLN harus tetap solid, menjaga jiwa korsa, menjaga kebersamaan kita sehingga kendala apapun dilapangan bisa kita segera selesaikan dan Insya Allah yang dilakukan barokah untuk teman-teman semua, warga PLN dan masyarakat seluruh Indonesia," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.