Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

6 Rekomendasi Wisata Alam Madura yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir salah satu daerah di Indonesia yaitu Madura cukup menyita perhatian. Madura adalah sebuah wilayah di Jawa Timur dengan luas mencapai kurang lebih 5.168 km persegi. Daerah ini memiliki kebudayaan khas dengan adat istiadat yang masih tetap lestari hingga saat ini. Madura begitu identik dengan kulinernya yang khas. Mulai dari soto daging, sate hingga bebek sinjay.

Namun, Pulau Garam ini memiliki potensi lain yang tidak kalah istimewa, yaitu destinasi wisatanya. Salah satu yang menarik adalah wisata alam Madura. Wisata di Madura mungkin tidak setenar di Bali, Lombok atau bahkan Surabaya. Padahal keindahan yang ditawarkan tidak kalah jauh. Malahan, banyak wisata alam Madura yang asyik, murah dan Instagramable.

Untuk menuju pulau Madura cukup mudah, kamu bisa menempuhnya menggunakan jalur darat melalui jembatan Surabaya-Madura atau Suramadu dan jalur laut menggunakan kapal dari Surabaya. Berikut 6 rekomendasi wisata alam Madura yang wajib dikunjungi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2019).

2 dari 7 halaman

1. Gili Labak

Gili Labak ini adalah tempat wisata di Madura. Gili Labak menjadi salah satu destinasi wisata yang tersembunyi di Madura, kamu bisa melakukan snorkeling di sekitaran pulau kecil yang ada. Keindahan Gili Labak ini karena pasir putihnya, ombak biru, pulau yang hijau dan gugusan terumbu karang yang istimewa melengkapi surga kecil di sudut Madura ini.

3 dari 7 halaman

2. Gua Blaban

Menjelajahi Gua Blaban bisa melengkapi perjalanan wisatamu di Pulau Madura, terutama jika kamu suka dengan wisata petualangan yang menantang. Gua yang cukup unik ini ditemukan pertama kali pada tahun 2014. Gua Blaban juga dikenal dengan nama Gua Mas atau Gua Batu Bintang.

Saat mengunjungi gua ini, kamu akan menyaksikan pintu masuk gua berupa sumur dengan kedalaman 4 meter. Ada tangga besi melingkar yang digunakan untuk menuruni sumur dan memulai penjelajahan di Gua Blaban. Batuan di dalam gua pun terlihat berkilau seperti kristal sehingga semakin menambah keindahan alam di gua ini.

4 dari 7 halaman

3. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih merupakan lokasi tempat penambangan batu kapur. Meski menjadi, lokasi penambangan yang masih aktif, tempat wisata di Madura ini tetap menarik untuk dikunjungi saat liburan. Dari atas bukit, bisa menyaksikan pemandangan keindahan alam di sekitarnya.

Di lokasi ini terdapat pula kolam renang Gua Pote, tepatnya di sebelah utara bukit. Kolam renang ini berbeda dengan kolam renang pada umumnya karena berada tepat di bekas tambang batu kapur. Objek wisata ini buka pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Berendam di kolam renang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan, apalagi dengan suasana alam di sekitar berupa tambang batu kapur. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai bisa jadi daya tarik tambahan, seperti area parkir, gazebo, kamar mandi, hingga beberapa penjual makanan.

5 dari 7 halaman

4. Bukit Kapur Arosbaya

Selain Bukit Jaddih, ada juga bukit Arosbaya, yang sama-sama merupakan sebuah tambang batu kapur, yang menawarkan spot foto yang tidak kalah eksotik. Terlihat tekstur bukit yang unik dengan banyak ‘Ukiran’ dan hasil pahatan para ‘petani kapur’ membuat bukit ini memiliki bentukan baru yang unik. Kamu tidak akan bisa menolak untuk berfoto di setiap sudut tempat wisata di Madura ini. Tempat wisata ini buka pada pukul 06.00-17.00 WIB.

6 dari 7 halaman

5. Bukit Geger

Selain menikmati keindahan alam yang menghijau di Bukit Geger, kamu juga bisa menyaksikan kawanan monyet hutan yang tinggal di area sekitar. Di lokasi wisata ini juga ada beberapa goa, seperti Goa Petapan, Potre, Pancong, Pelanangan, Pote dan Ular.

Di bukit ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap bahkan disediakan tangga berundak yang akan memudahkan para pengunjung untuk menjelajahi bukit dengan nyaman.

7 dari 7 halaman

6. Air Terjun Toroan

Wisata alam Madura, air terjun Toroan juga merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan air terjun atau bisa disebut curug. Bagi kamu pencinta traveling mungkin tidak asing dengan penyebutan curug atau air terjun apalagi pecinta wisata alam.

Lokasi air terjun ini berada di desa Ketapang Daya, kecamatan Ketapang Sampang. Air terjun Toroan juga menawarkan keindahan yang jarang dimiliki oleh air terjun lainya. Bagaimana tidak, air terjun ini jatuhnya langsung ke lautan.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Wisata Hutan di Surabaya yang Sejuk dan Memanjakan Mata
Artikel Selanjutnya
4 Pesona Pulau Sapudi Sumenep, Tempat Eksotis di Madura