Sukses

Sapi Kurban Milik Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya Dibeli dari Peternak Gresik

Surabaya - Sapi masing-masing milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah tiba di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur.

Jokowi menyumbang sapi jenis Peranakan Ongole (PO) dari Peternak Gresik untuk Idul Adha. Sapi peranakan itu berasal dari Pangkah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Diperkirakan sapi itu mencapai berat 1.080 kg atau satu ton.

Selain itu, sapi milik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tiba di Masjid Al Akbar Surabaya pada Jumat sore 9 Agustus 2019. Sapi jenis Peranakan Ongole ini memiliki berat satu ton.

Sebelumnya Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M.Noor memprediksi sapi datang satu hari sebelum Idul Adha pada Sabtu, 10 Agustus 2019.

"Alhamdullilah sapi Presiden Jokowi sudah tiba di Masjid Al Akbar Surabaya. Sapinya cukup besar mencapai 1.080 kg, sehat dan bersih," kata dia, dilansir dari suarasurabaya.net.

Helmy menuturkan, semua hewan kurban yang ada di Masjid Al Akbar Surabaya akan disembelih pada Senin, 12 Agustus 2019 pukul 06.00 WIB. Pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban di masjid ini menerapkan prinsip syari, higienis, dan ramah lingkungan.

Untuk pembagian, Masjid Al Akbar tidak sediakan kupon dan langsung dibagikan ke rumah warga di wilayah pagesangan dan gayungan.

"Distribusi daging kurban langsung ke sasaran melibatkan RT-RW di wilayah Kelurahan Pagesangan dan Kelurahan Gayungan. Tidak ada pembagian daging di Masjid Al Akbar," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sumbang Sapi di Masjid Al-Akbar Surabaya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkurban sapi untuk disembelih di Masjid Al Akbar Surabaya pada Idul Adha 1440 H.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M.Noor, menyampaikan hal itu pada Jumat (9/8/2019). Pihak Masjid Al Akbar Surabaya menuturkan, secara simbolis dua sapi kurban milik Jokowi dan Khofifah Indar Parawansa akan diserahkan selesai salat Ied pada Minggu, 11 Agustus 2019. Sedangkan, dua sapi itu dijadwalkan akan tiba di Masjid Al Akbar pada Sabtu, 10 Agustus 2019.

"Salat Ied akan diadakan Ahad (Minggu-red). Insyaallah dihadiri Bu Gubernur (Jawa Timur-red). Dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi kepada Masjid Al Akbar dan gubernur kepada Masjid Al Akbar. Itu diserahkan setelah salat Idul Adha," ujar Helmy, seperti dilansir suarasurabaya.net, Jumat, 9 Agustus 2019.

Hingga saat ini, Khofifah dan Forkompimda Jatim dijadwalkan akan melaksanakan salat Ied di masjid tersebut. Masjid Al Akbar baru akan menggeler penyembelihan hewan kurban pada Senin, 12 Agustus 2019 atau sehari setelah salat Ied digelar.

Helmy mengatakan, hal ini agar tidak ada penumpukan daging kurban. Sebab, semua masjid rata-rata menyembelih pada Minggu. Terkait pembagian daging ke masyarakat, Masjid Al Akbar Surabaya tidak menggunakan sistem kupon atau datang langsung ke masjid.

Daging kurban akan dibagikan langsung ke rumah-rumah warga bekerja sama dengan RT dan RW di lingkungan sekitar masjid tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini