Sukses

Naik Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Hanya 6,5 Jam

Kementerian Perhubungan menyatakan, proses studi kelayakan atau Feasibility Study (FS) proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan selesai pada pertengahan 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyatakan, proses studi kelayakan atau Feasibility Study (FS) proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan selesai pada pertengahan 2020.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menuturkan, proses penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) baru akan dilaksanakan selepas hari raya kemerdekaan pada 17 Agustus 2019.

"Kita akan MoU nanti mungkin tanggal 22-23 Agustus ini," tutur dia di Palu, seperti dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com, ditulis Minggu (11/8/2019).

Budi menuturkan, tahapan awal proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya dengan pembukaan jalur sendiri direncanakan mulai pada 2020. Sementara untuk saat ini baru memasuki proses studi kelayakan atau FS.

"Lagi FS. Jadi FS kita akan selesaikan sampai pertengahan tahun depan. Pertengahan tahun depan baru akan mulai dibangun," ujar Budi.

Budi menargetkan, proses pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya dapat selesai paling lambat selama 3 tahun, atau rampung pada 2023.

Seperti diketahui, kecepatan rata-rata kereta cepat Jakarta-Surabaya diperkirakan sekitar 140-145 km per jam. Adapun kecepatan maksimum yang bisa ditempuh yakni hingga 160 km per jam.

Dengan demikian, waktu tempuh Jakarta-Surabaya bisa dipangkas sampai menjadi 6,5 jam. Rencananya, kereta cepat ini dalam sehari akan melakukan perjalanan pulang-pergi dari ibu kota ke Kota Pahlawan sebanyak dua kali.

Budi memprediksi, pengerjaan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa selesai paling lambat pada 2023 mendatang. "Ini (proses pengerjaan) sekitar 2-3 tahun. (Paling telat 2023?) Iya," ujar dia. (Maulandy Rizky B.P)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Mau Terlambat, Surabaya Siapkan Kereta Bawah Tanah

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan moda transportasi massal berbasis rel berupa kereta bawah tanah atau subway setelah transportasi trem yang direncanakan sebelumnya gagal terealisasi.

Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menuturkan, moda transportasi ini langsung dalam perencanaan begitu pembangunan trem ditolak oleh pemerintah pusat.

"Jika Jakarta bicara MRT terlambat, maka Surabaya tidak mau terlambat," kata dia di Surabaya, Senin, 6 Agustus 2019  dilansir Antara.

Menurut dia, subway atau monorel ini merupakan transportasi massal yang tidak satu level dengan jalan raya. Untuk itu, kata dia, jalur yang ada sekarang diubah rutenya menjadi feeder-feeder yang menjemput warga dari kampung menuju daerah yang dilewati subway atau monorel.

"Itu nantinya kita gratiskan, jadi sudah ada hitungannya," ujar dia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya periode 2014-2019 ini mengatakan, nantinya warga Surabaya punya pilihan mau naik motor atau cukup berdiri di depan rumah karena sudah dapat transportasi gratis sampai tengah kota.

"Perencanaan sedang kita buat. Resolusinya nanti kita sampaikan," kata dia.

Ia menambahkan, pembangunan moda transportasi subway rencananya di koridor utara-selatan Surabaya. Sementara untuk arah timur-barat akan menggunakan monorel. Whisnu mengakui, pembangunan moda transportasi massal memang membutuhkan anggaran yang relatif besar.

Untuk itu, pihaknya berencana menggandeng pihak swasta dalam pengerjaannya. "Seperti Jakarta, kita gandeng swasta. Masih memungkinkan karena Surabaya kota besar seperti Jakarta," ujar dia.

Saat ditanya kapan realisasi rencana pembangunan moda transportasi massal subway, Whisnu mengatakan, target tersebut bisa dilihat setelah ada peresmian subway.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.