Sukses

Mencicipi Lontong Mie di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur lebih asyik kalau sempatkan untuk berwisata kuliner. Di Kota Pahlawan ini ada sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, pecel semanggi dan lainnya.

Selain itu, di Surabaya juga ada sejumlah kuliner lain yang akan menggugah selera untuk menyantap. Misalkan makanan pedas seperti sego sambel. Tak hanya itu, ada banyak makanan yang ditawarkan di salah satu kota metropolitan di Indonesia.

Nah, salah satu makanan yang Anda dapat temui yaitu Lontong Mie. Makanan ini terdiri dari lontong, mie, tahu goreng, udang goreng, toge, dan sambal petis.

Mengutip buku Food Report Surabaya, karya Surabaya Food Patrol, ada sejumlah tempat makan lontong mie. Mau tahu di mana saja di Surabaya?

1.Depot Ibu Lia

Tempat makan ini buka pukul 07.00-16.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Tambaksari Nomor 71. Disebutkan dalam buku Food Report Surabaya kalau porsti lontong mie di tempat makan ini cukup besar.

2.Lontong Mie Ibu Irul

Tempat makan ini buka pada pukul 07.00-12.00. Tempat makan ini berada di Pasar Modern Maspion.

3. Lontong Mie Nyonya Marlia

Tempat makan ini buka pada pukul 10.00-17.00. Anda dapat menemukan tempat makan ini di Pasar Atum Lantai 4 Food Court Surabaya. Di tempat makan ini, lontong mie ditambah kikil.

2 dari 3 halaman

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kidung Ini Ajak Arek Suroboyo Jaga Kerukunan
Artikel Selanjutnya
Mencicipi Usaha Serbuk Minuman Tradisional Beromzet Belasan Juta Rupiah