Sukses

4 Pesona Wisata Bebatuan Berbentuk Jamur di Gresik

Tempat wisata yang disebut dengan Bukit Jamur ini selalu berhasil menarik pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta Kota Gresik, Jawa Timur ini selain dikenal dengan kota industri dan kota religi, Kota Gresik juga memiliki berbagai tempat wisata. Salah satunya yang menarik untuk dijelajahi di kota Gresik adalah Bukit Jamur.

Tempat wisata yang unik di Jawa Timur ini dulunya merupakan bekas tambang kapur yang sudah ditinggalkan. Namun, saat ini menjadi terkenal karena di sini kamu dapat menemukan batu-batuan unik berbentuk jamur.

Bukit Jamur merupakan fenomena alam yang biasa disebut Mushroom Rock, yaitu fenomena di mana batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut. Bukit Jamur Gresik merupakan salah satu wisata baru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya. Meskipun terbilang baru, keindahan alamnya mempunyai nilai tersendiri, unik dan cantik untuk dinikmati.

Bukit Jamur ini hanya ada di Indonesia, dan hanya ada di dunia, yaitu yang pertama di Gresik dan yang kedua berada di Kalimantan. Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Bukit Jamur, ada beberapa fakta unik yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/8/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bukit Jamur terletak di Desa Bungah, Gresik Jawa Timur

Tidak seperti jamur yang tumbuh di tempat yang lembab, Bukit Jamur ini berada di daerah pertambangan kapur yang cuacanya cukup panas. Lokasi Bukit Jamur ini tepatnya di Desa Bungah, kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

3 dari 5 halaman

2. Memiliki pemandangan Unik dan Indah

Padang yang luas dengan aksen bebatuan berbentuk jamur, ditambah dengan pemandangan langit biru cerah menjadikan panorama Bukit jamur selalu diincar oleh para pecinta fotografi. Dijamin hasil jepretan kamu akan terlihat artistik.

4 dari 5 halaman

3. Bebantuan berbentuk Jamur Tercipta Alami

Bebatuan yang berbentuk jamur ini terbentuk secara alami bukan dipahat. Selama bertahun0tahun, batuan yang ada di perbukitan ini mengalami pengikisan. Pada bagian atas, batu lebih kokoh sehingga bentuk batunya tidak akan berubah.

Sedangkan bagian bawah, batuannya lebih rapuh hingga mudah terkikis. Hal terebut yang membuat bebatuan ini berbentuk jamur yang memiliki batang dan payung.

5 dari 5 halaman

4. Bukit Jamur Gersang

Bukit Jamur adalah perbukitan luas yang gersang. Tidak ada pohon-pohon besar yang tumbuh disekitar tempat wisata ini. Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke wisata Bukit Jamur, datanglah pagi atau sore hari agar tidak merasakan terik matahari yang menyengat. Kamu juga akan mendapatkan bonus dengan pemandangan langit yang cantik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.