Sukses

Olah Daging Sapi Jadi Rawon, Hidangan Populer Asal Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Black Soup alias rawon adalah sajian khas Jawa Timur yang sangat populer. Dengan kuah yang hitam legam dan dagingnya yang tak kalah hitam membuat masakan ini diminati banyak orang.

Kuah hitam itu berasal campuran bumbu khas menggunakan kluwek atau keluak. Walaupun keluak adalah buah yang tumbuh di wilayah rawa, bila sudah diproses akan menghadirkan aroma gurih dan herbal yang kuat.  Pada saat Iduladha, bila Anda bingung ingin mengolah daging sapi, menu rawon dapat menjadi pilihan yang patut dicoba!

Mengutip resep dari buku 100 mak nyus, Jakarta, berikut ini adalah bahan dan cara pembuatan hidangan rawon yang salah satunya dari olahan daging sapi:

Bahan:

- 1 kilo gram daging (pilih yang untuk rawonan)

- 500 gram tulang sapi

- 2 liter air

- 7 sendok makan minyak goreng

Bumbu:

- 1 potong lengkuas > dimemarkan (ditekan dengan keras hingga pecah)

- 1 potong jahe > dimemarkan

- 2 batang serai > dimemarkan

- 3 buah jeruk purut > ambil kulit wanginya saja

- 3 lembar daun jeruk

- 1 sendok teh gula

-  1 sendok teh asam jawa

Bumbu halus:

- 12 buah keluwak > ambil isinya lalu sangrai hingga kering

- 17 buah bawang merah

-  8 buah bawang putih

-  2 sendok makan ketumbar

- 1 sendok makan garam dan penyedap

- 1 ruas kunyit

- Terasi secukupnya

Cara memasak:

1. Rebus tulang dan daging sapi sampai matang dan empuk. Setelah itu, potong dadu daging.

2. Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan ke dalam rebusan daging.

3. Masukkan juga ke dalam rebusan daging semua racikan bumu dan tutuplah panci. Teruskan memasak sampai daging, tulang empuk, dan bumbu sudah meresap. 

4. Cicipi dan periksa tingkat keempukan daging. Bila dirasa ada yang kurang, silakan tambahkan bumbu sesuai selera.

Agar menyantap rawon dapat terasa lebih nikmat, padukan rawon dengan tiga komponen wajib ini: telur asin, tauge pendek dan kerupuk udang. Bila ingin menambah sensasi pedas, rawon dapat disatukan dengan sambal terasi. Selamat mencoba!

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

2 dari 4 halaman

3 Tempat Makan Rawon Pilihan di Surabaya

Sebelumnya, kuliner Surabaya, Jawa Timur tenar dengan rasanya yang khas dan gurih. Beragam jenis masakan tersedia dengan variasi rasa yang patut dicoba jika sedang di kota tersebut. Makanan khas Surabaya yang disukai warga Surabaya salah satunya adalah rawon.

Rawon dikenal sebagai makanan daging sapi dengan kuah berwarna hitam khas Indonesia. Kuah gelap tersebut umumnya terbuat dari beberapa rempah di antaranya kluwek, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, cabai, serai, dan lada.

Rawon biasa disajikan dengan tauge muda dan dimakan bersama dengan nasi putih, sambal, dan telur asin. Mengutip dari buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, Liputan6 menyajikan beberapa pilihan yang dapat jadi pertimbangan untuk tempat makan rawon di Surabaya:

1.Depot Anda Fit

Letaknya di Jalan Walikota Mustajab No.74, Surabaya dan buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Rawon di Depot Anda Fit ini terkenal sangat enak, juga memiliki aroma kaldu sapi yang sangat kuat, kuahnya terasa lebih pekat. Sambal yang disajikan sebagai pelengkap cocok berpadu dengan rasa rawonnya. Porsi rawonnya juga cukup besar dengan harga cukup terjangkau.

2. Depot Rawon Malang “MM”

Berada di Ruko Taman Kayun No.46-E, Jalan Embong Kemiri, Surabaya dan buka pukul 07.00-20.30 WIB. Depot MM ini berawal dari kota Malang yang di kelola oleh Ikwan dan Megawati, singkat cerita mereka pindah dan menetap di Surabaya pada 1998.

Megawati sendirilah yang menciptakan menu masakannya dengan cita rasa khas Malang yang ternyata Depot MM itu singkatan dari "Masakan Malang". Rawon-nya memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma lebih kuat, kuahnya bening dan daging tidak berlemak. Rawon ini cocok di santap dengan sambal pedas sebagai pelengkap.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Pak Eko

Berlokasi di Jalan Pucang Adi No.58, Surabaya dan buka 24 jam. Rawon di tempat ini memiliki rasa yang cukup enak, gurih dengan kuah yang ringan, namun dagingnya terasa kurang empuk. Harganya juga tidak terlalu mahal alias pas di kantong.

 4. Warung Sedap Malam Kalkulator

Lokasinya di Taman Bungkul, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00-03.00. Nama Rawon Kalkulator terinspirasi dari kemampuan para petugas kasir yang dapat menghitung harga makanan pembeli dengan sangat cepat di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Di setiap meja pengunjung disediakan makanan pendampingnya seperti perkedel, tempe goreng, telur asin, dan paru goreng gurih yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah pilihan beberapa tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya. Anda harus mendatangi untuk membuktikannya sendiri.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara) 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kidung Ini Ajak Arek Suroboyo Jaga Kerukunan
Artikel Selanjutnya
Mencicipi Usaha Serbuk Minuman Tradisional Beromzet Belasan Juta Rupiah