Sukses

Ada Pelatihan Mengolah Jamur di Surabaya Great Expo 2019

Target transaksi di Surabaya Great Expo 2019 mencapai lebih dari Rp6,8 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Transaksi pameran berskala nasional bertajuk Surabaya Great Expo (SGE) 2019 yang digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Jawa Timur, pada 15-18 Agustus 2018 ditargetkan mencapai lebih dari Rp6,8 miliar.

Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama, Dadang M Kushendarman, mengatakan pihaknya optimistis jika target transaksi Surabaya Great Expo ini bisa tercapai melebihi tahun lalu pada kisaran Rp6 miliar.

"Apalagi tahun ini produk yang dipamerkan lebih banyak variannya. Kami berharap total transaksi tahun ini bisa meningkat antara 10–15 persen dari tahun lalu," katanya di Surabaya, Rabu (14/8/2019), dilansir Antara.

Menurut dia, pameran berskala Nasional tersebut bakal diisi dengan 55 rangkaian acara di antaranya talk show sertifikasi merk, sertifikasi halal bersama MUI, gaya hidup sehat, pertunjukan akustik, dan kompetisi dandan mandiri.

Selain itu, lanjut dia, juga ada pelatihan aneka olahan jamur, budi daya anggrek, lokakarya kalung dari limbah kulit, dan Digital Marketing Facebook Indonesia.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya Wiwik Widayanti mengatakan SCG ini bertujuan untuk menarik para pemberi, pelaku pasar valuta asing atau pasar saham dan investor dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini sebagai ajang promosi, hiburan, belanja, dan rekreasi bagi semua lapisan masyarakat. "Melalui SGE ini kita ingin memberikan ruang kepada para pelaku industri kreatif atau Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Surabaya untuk memamerkan atau mengenalkan produk-produk yang sudah mereka hasilkan," ujarnya.

Wiwik menjelaskan tahun ini Surabaya Great Expo diikuti 184 peserta dengan 197 stan. Mereka terdiri dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta berbagai sektor pengusaha-pengusaha lain.

"Ada 20-an peserta itu dari luar Kota Surabaya, seperti NTT (Nusa Tenggara Timur), NTB (Nusa Tenggara Barat), Mataram, dan Sumbawa itu ikut semua," ujarnya.

Selain acara pameran, kata Wiwik, Surabaya Great Expo 2019 juga menawarkan slot-slot edukasi. Bahkan, dalam ajang itu pihaknya juga menyediakan fasilitas layanan on the spot untuk masyarakat, seperti HAKI Merk, Hak Paten, layanan kependudukan, kesehatan, serta layanan keuangan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

"Rencananya pembukaan SGE pada 15 Agustus nanti akan dibuka langsung oleh Ibu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," katanya.

Setidaknya ada 10 BUMN dan tujuh BUMD yang terlibat dalam ajang tersebut. Selain itu, juga ada lima perguruan tinggi dan sekolah, lima assosiasi terkait, 10 perusahaan swasta, tujuh kuliner, 18 UKM Mandiri dan 12 binaan yang bakal meramaikan gelaran tahunan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayo Kunjungi Surabaya Great Expo 2019

Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar acara yang bertajuk ‘Surabaya Great Expo 2019’. Pemerintah kota setempat ingin melanjutkan sukses tahun-tahun yang sebelumnya atas acara tersebut.

Acara itu sekaligus sebagai perayaan HUT Kota Surabaya yang ke-726 dan HUT RI ke-74 pada 2019. Seluruh rangkaian acaranya dimulai 14-18 Agustus 2019 yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Surabaya.

Seperti dikutip dari instagram @surabayasparkling, pameran ini menawarkan berbagai potensi, kinerja, dan prestasi yang telah diraih oleh kalangan usaha, pemerintah dan khususnya masyarakat Kota Surabaya dan Indonesia pada umumnya.

Tujuan diadakannya pameran berskala nasional ini yaitu untuk menarik para buyers, traders, dan investor dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global. Sehubungan dengan itu, pelaksanaan Surabaya Great Expo 2019 ke-10 ini pula sebagai ajang promosi, hiburan, belanja, dan rekreasi keluarga.

Terdapat berbagai jenis produk yang dipamerkan di acara tersebut, diantaranya produk kain tradisional, produk perbankan, otomotif/suku cadang/aksesoris, elektronik, mebel dan kerajinan kayu, produk kulit & alas kaki, makanan & minuman olahan, industri alat kelautan, perikanan & pertanian, produk kosmetik dan herbal, dan masih banyak lagi.

Selain banyak stand-stand yang menarik seperti ditulis di atas, akan ada pula berbagai workshop, talkshow, dan entertainment. Menariknya lagi, untuk masuk ke acara tersebut tiket masuknya gratis.

“Mari kita datang bersama-sama berkunjung. Ada pameran handycraft, ada batik, dan ada juga layanan-layanan dari Pemerintah Kota Surabaya. Ayo datang ke Surabaya Great Expo 2019 di Grand City, 14-18 Agustus. Ojo lali lo rek!,” ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma), seperti dikutip dari laman instagram @surabaya, ditulis pada 13 Agustus 2019.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.