Sukses

Kegiatan Ini Bakal Meriahkan HUT ke-74 RI di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar berbagai kegiatan menarik untuk memeriahkan HUT ke-74 RI. Tujuan acara itu untuk memberikan hiburan kepada masyarakatnya.

Mulai dari festival perahu layar hingga hiburan rakyat dan kulineran gratis. Dilansir dari instagram @surabayasparkling dan @lovesuroboyo, Liputan6.com merangkum kegiatan untuk menyambut HUT ke-74 RI.

Kegiatan pertama, Pemprov Jawa Timur menggelar pesta rakyat dan hiburan. Acara itu berlangsung di sepanjang Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Grahadi.

Anda bisa mengunjunginya pada 17 Agustus pukul 18.30-21.00 WIB. Di sana terdapat banyak pertunjukkan seni budaya, seperti Tari Gandrung, Remo, Reog, Jatilan, Perkusi, Flashmob serta hiburan musik yang dimeriahkan oleh Via Vallen.

Namun tak hanya itu saja, seluruh masyarakat Jawa Timur juga bisa mencicipi hidangan kuliner khas Jawa Timur di pesta rakyat secara GRATIS. Untuk Anda yang membawa kendaraan, bisa diparkirkan di sejumlah tempat, antara lain di Taman Apsari, Simpang Dukuh, basement Balai Pemuda, Tunjungan Plaza.

Kegiatan Festival Perahu Layar 2019. Festival itu berlangsung di Taman Hiburan Pantai Kenjeran. Anda bisa bertandang ke sana pada 18 dan 19 Agustus 2019, mulai pukul 09.00 WIB.

Para peserta lomba perahu layar akan memperebutkan total hadiah Rp 20,50 juta. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi kegiatan tersebut di atas.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 dari 3 halaman

Program Siswa Mengenal Nusantara

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) melepas sekaligus menerima peserta Siswa Mengenal Nusantara (MSN) 2019 asal Provinsi Gorontalo, Senin malam, 12 Agustus 2019.

"Selamat datang siswa Gorontalo ke Jatim dan selamat jalan kepada siswa Jatim ke Gorontalo," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Jatim Hudiyono di sela acara pembukaan SMN 2019 di Surabaya, dilansir Antara.

Menurut dia, kegiatan itu mempunyai nilai luar biasa dan dengan cara seperti itulah siswa akan benar-benar bisa membangun serta mengontruksi pendidikan karakter.

"Anak Jatim yang ke Gorontalo akan mengenal budaya sana, dan sebaliknya anak Gorontalo mengenal Jatim. Ini sudah pelajaran pendidikan karakter yang tentu sangat bermanfaat," tutur dia.

Pria yang juga menjabat Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Jatim tersebut berharap program SMN tak berhenti sampai di sini dan lebih baik ke depannya, sebab pertukaran pelajar semacam ini menjadi bagian sangat penting.

Program SMN ini merupakan salah satu kegiatan dalam BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019 yang di khusus untuk Jatim dan Gorontalo akan berlangsung selama delapan hari.

Pesertanya berasal dari siswa SMA/SMK/SLB, yaitu sebanyak 47 siswa asal Jatim ke Gorontalo, sedangkan dari Gorontalo ke Jatim diikuti 27 siswa

Vice President CSR and SMEPP PT Pertamina Agus Mashud menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cintah Tanah Air kepada siswa.

"Kegiatannya berupa pertukaran pelajar dengan mengenalkan BUMN dan keragaman daerah provinsi tujuan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kidung Ini Ajak Arek Suroboyo Jaga Kerukunan
Artikel Selanjutnya
Mencicipi Usaha Serbuk Minuman Tradisional Beromzet Belasan Juta Rupiah