Sukses

Pesan Bupati Sidoarjo Saat Peringati Hari Pramuka

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengajak anak muda Sidoarjo terutama anggota pramuka berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif

Liputan6.com, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengajak anak muda Sidoarjo terutama anggota pramuka berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif. Ia menyampaikan hal itu saat memimpin upacara Hari Pramuka pada Rabu (14/8/2019).

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo ( Ka. Mabicab) Pramuka kabupaten Sidoarjo ini menuturkan,  gerakan pramuka bersama seluruh komponen bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI menjadi tema Hari Pramuka pada 2019. Gerakan pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI.

"Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah," ujar dia.

Ia menambahkan, Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya.  "Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan," ucap Saiful Ilah.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu, ia menilai sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda ke hal-hal positif dengan ada dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana.

Selain itu, kegiatan pramuka juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara. Saiful juga mengingatkan kepada segenap anggota gerakan pramuka untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka saat peringatan Hari Pramuka.

"Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif karena saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang,"  ujar Saiful Ilah.

Selain itu, ia mengingatkan agar Pramuka Indonesia juga mengamalkan nilai Pancasila. "Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tagline Pramuka Bersih Negeri

Pada peringatan HUT ke-58 Pramuka ini juga diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang bertagline “Pramuka Bersih Negeri: Kegiatannya meliputi aksi donor darah, menetapkan Agustus sebagai bulan bakti pramuka dengan melakukan kegiatan mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan dan lain-lain.

Pada kesempatan sama, Saiful Ilah menyematkan lencana Pancawarsa sebagai penghargaan kepada anggota pramuka  dewasa dan tingkat Pembina yang telah mengabdikan dirinya untuk pramuka. 

Dari 20 anggota yang mendapatkan lencana tersebut di antaranya adalah Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin yang juga menjabat sebagai Ka. Kwarcab Pramuka Sidoarjo mendapat lencana Pancawarsa II, penghargaan diberikan atas pengabdiannya selama 10 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.