Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Pilihan Tempat Wisata di Sidoarjo, Ada Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Sidoarjo, termasuk gerbang kertosusila yaitu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Kota udang ini juga sebagai penyangga kota Surabaya, Jawa Timur. Hal ini seiring kabupaten ini berbatasan dengan Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan di Selatan, Kabupaten Mojokerto di Barat dan Selat Madura di Timur.

Kabupaten Sidoarjo juga berada di antara dua aliran sungai yaitu Kali Surabaya dan Kali Porong yang merupakan cabang dari Kali Brantas yang berhulu di Kabupaten Malang. Jika sedang berada di Sidoarjo tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke tempat-tempat menarik yang ada di daerah tersebut tersebut.

Liputan6.com merangkum tujuan wisata yang ada di Sidoarjo, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019):

1. Hutan Bakau di Pulau Sarinah dan Tlocor

Pulau Tlocor ini terletak di Kampung Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Uniknya pulau ini terbentuk oleh sedimentasi Lumpur Lapindo lho. Suasana yang ada di sana sangat teduh karena banyak ditumbuhi tanaman bakau. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengitari pulau itu.

2. Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo menjadi salah satu daya tarik yang ada di Sidoarjo. Dulu tempat ini menjadi bukti bencana semburan lumpur panas. Setelah beberapa tahun kemudian, tempat ini dibuka untuk menjadi daerah wisata. Bahkan ditempat ini dibuat beberapa patung raksasa yang terbuat dari lumpur juga.

2 dari 3 halaman

Candi Pari

3. Candi Pari

Candi yang terbuat dari batu bata ini berada di Desa Pari, Kecamatan Porong Sidoarjo. Candi Pari merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Candi ini bisa menjadi tempat belajar tentang sejarah masa lampau kejayaan Majapahit.

4. Delta Fishing Sidoarjo

Pemancingan Delta Fishing berada di desa Prasung, Kecamatan Buduran. Sesuai namanya, pengunjung bisa memancing sepuasnya di tempat ini. Selain itu pengunjung juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain flying fox, sepeda air dan masih banyak lagi permainan di area outbondnya.

5. Pazkul Nirwana Village Sidoarjo

Pazkul merupakan singkatan dari pasar kuliner Nirwana Village. Di pazkul ini banyak sekali tanaman-tanaman dan pohon karena tempat ini mempunyai konsep Go Green, dan tidak hanya itu saja tempat ini juga terdapat food court yang modern serta ada panggung di pinggir jalan pazkul 2. Selain itu, hiburan yang terdapat di pazkul antara lain adalah live music dan juga penyewaan sepeda gandeng untuk berkeliling tempat ini.

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Kriminologi Universitas Indonesia)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Khofifah Ajak Dukung Presiden-Wapres Memimpin Bangsa
Artikel Selanjutnya
Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti